5 Manfaat Masker Kopi bagi Kulit Wajah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Masker Kopi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bukan hanya dijadikan minuman, kopi juga dipercaya memiliki khasiat untuk kulit wajah. Tak heran jika beberapa produk perawatan kulit menambahkan ekstrak kopi ke dalam produk mereka, atau yang dikenal dengan sebutan masker kopi.

Selain aromanya yang menenangkan, biji kopi kaya akan kandungan antioksidan alami yang sangat penting bagi kesehatan kulit wajah. Masker kopi sendiri dibuat dengan cara memadukan bubuk kopi dengan bahan pelarut seperti minyak zaitun, kemudian dioleskan ke permukaan kulit wajah selama beberapa menit. Melansir laman alodokter, berikut ini manfaat masker kopi bagi kesehatan kulit wajah.

Membuat wajah tampak awet muda

Kopi mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Jika kulit wajah terpapar radikal bebas berlebih, tanda penuaan pun akan lebih cepat muncul.

Sementara antioksidan yang terkandung pada kopi mampu mencegah penurunan kadar kolagen dan meningkatkan produksi elastin, sehingga kulit tetap terasa kencang. Selain itu, kandungan kafein dalam bubuk kopi juga dapat membuat kulit lebih kencang dan menyamarkan mata panda.

Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Sebuah studi menunjukkan ekstrak bubuk kopi dapat melindungi kulit dari kerusakan, terutama yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Meski demikian, anda tetap dianjurkan untuk menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan agar kulit tetap terlindungi.

Menenangkan kulit wajah

Saat dijadikan sebagai masker, kandungan antioksidan pada kopi mampu menenangkan kulit wajah sehingga dapat mengatasi iritasi pada kulit akibat paparan sinar matahari atau penggunaan produk tertentu.

Merawat kulit berjerawat

Kopi memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat merawat kulit berjerawat. Selain itu, antioksidan dalam kopi juga dipercaya dapat mengurangi munculnya jerawat pada kulit. Tapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas masker kopi dalam merawat kulit berjerawat.

Mengangkat sel kulit mati

Masker kopi dapat digunakan untuk mengangkat sel kulit mati. Selain itu, butiran bubuk kopi juga mampu mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori dan menstimulasi sirkulasi darah di bawah kulit. Hal ini membuat masker kopi baik digunakan untuk menghilangkan minyak berlebih dari kulit dan membuat kulit wajah tampak lebih segar.

Populer video

Berita lainnya