Yuk Rutin Lari Pagi, Ini Manfaatnya bagi Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Lari Pagi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Cuaca yang sejuk mungkin menjadi salah satu alasan sebagian besar orang memilih berlari di pagi hari. Apalagi, lari pagi memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan jika dilakukan secara rutin, lari pagi bisa menambah energi dan stamina tubuh agar bisa produktif sepanjang hari. Melansir laman aldokter, ini manfaat yang didapat bagi kesehatan jika rutin lari pagi.

Menambah energi dan stamina tubuh

Mengawali hari dengan rutin lari pagi bisa meningkatkan energi dan stamina tubuh. Dengan berolahraga lebih awal secara rutin, anda akan merasa lebih berenergi dan termotivasi untuk bergerak lebih aktif sepanjang hari. Selain itu, aktivitas fisik di pagi hari, termasuk berlari, juga bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi. Sehingga, anda menjadi lebih siap dan bersemangat menjalani hari.

Membantu meningkatkan suasana hati

Lari pagi juga sebagai mood booster atau peningkat suasana hati. Saat berolahraga, tubuh melepaskan berbagai bahan kimia di otak, termasuk dopamin, serotonin, dan endorfin, yang mampu memperbaiki emosi dan suasana hati. Selain itu, berolahraga juga bisa menyeimbangkan kadar hormon stres dalam tubuh. Karenanya, lari pagi bisa mejadi pilihat tepat untuk membangun mood dan energi yang positif sepanjang hari.

Mengendalikan nafsu makan

Lari pagi secara rutin juga bisa mengendalikan nafsu makan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berolahraga di pagi hari membantu mengontrol nafsu makan dengan mengurangi hormon perangsang rasa lapar (ghrelin) dan meningkatkan hormon pemberi rasa kenyang (leptin).

Dengan tingkat nafsu makan yang lebih terkendali, keinginan untuk makan atau ngemil tentunya akan bisa dihindari. Walhasil berat badan pun menjadi terjaga.

Meningkatkan kualitas tidur

Dengan rutin lari pagi, anda akan merasa lebih cepat mengantuk di malam hari sehingga menjadi lebih jarang begadang. Oleh karena itu, bagi anda yang mengalami masalah susah tidur atau insomnia, cobalah lari pagi minimal selama 30 menit setiap hari.

Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Beberapa penelitian membuktikan bahwa rutin lari pagi bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi (hipertensi). Di samping itu, lari pagi dan olahraga secara rutin juga baik untuk menambah daya ingat, memperkuat sendi dan otot-otot tubuh, serta meningkatkan libido.

Populer video

Berita lainnya