Kenikmatan Dengerin Radio di Tengah Gempuran Spotify dan Youtube Music

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Sumber foto: https://unsplash.com/photos/brown-and-black-cassette-radio-51H2LuKFHsI?utm_content=creditShareLink&utm_medium=referral&utm_source=unsplash

Penulis mau pengakuan dulu nih sebelum curhat panjang lebar. Kalian perlu tahu dulu kalau penulis nih masuk generasi milenial ye, masih ngalamin banget tuh dengerin lagu lewat radio sebelum lahir anak teknologi yang namanya Spotify, Youtube Music, dan kawan-kawannya.

Selain dengerin radio lokal lewat frekuensi yang dicari dengan cara puter-puterin tuner, penulis juga demen banget dengerin radio Nasional lewat streaming. Prambors FM jadi salah satu favorit, dari zaman ‘Desta Gina in the Morning’, sampai sekarang sudah digantikan sama ‘Mangkal Pagi Rio’. Sempet dengerin Gofar Hilman juga tuh ditemenin sama Surya Insomnia di Hard Rock FM.

Dengerin radio memang punya khas-nya sendiri dibandingkan dengan play musik dari digital platform. Memang sih, di digital platform kita bisa pilih lagu apa aja yang kita mau dan tinggal klik aja. Ini juga kalau berlangganan, kalau ngga berlangganan ya nonton iklan dulu. Tapi, radio sepertinya akan sulit mencabut eksistensinya di tengah gempuran platform musik digital ini.

Radio punya penyiar yang menyumbang peran besar banget dalam keberlangsungan hubungannya dengan para pendengar. Penulis yakin bener nih, para pendengar radio pasti punya penyiar favorit dan mereka akan ngerasa ditinggalin kalau si penyiar cabut dari radio itu.

Penyiar radio juga bawa informasi terbaru setiap harinya, apalagi kalau dengerin radio pagi-pagi dalam posisi berangkat ngantor. Mood booster banget deh. Obrolan penyiar di tengah pemutaran lagu itu bukan sesuatu yang ganggu sih menurut penulis, malah di situ kenikmatannya. Kalian ngga bisa ngerasain hal ini di digital platform: kecewanya ketika part lagu yang lagi enak buat sing a long, tapi terus penyiarnya nongol buat ngiklan atau kasih updated information.

Terus, kalian tahu di spotify ada fitur yang namanya ‘go to song radio’ dan fitur ‘shuffle’? dan kenapa sih fitur itu ada?

Jadi gini, para pendengar radio itu punya perasaan special yang nggak bisa digantiin ketika dengerin lagu di radio. Kalau dengerin radio, kita nggak pernah tahu urutan lagu yang bakal diputerin sama si penyiar, dan tentu aja penyiar nggak mungkin muterin lagu satu album sekaligus untuk satu musisi. Penulis pikir, fitur ‘go to song radio’ ini dibuat sama Spotify untuk ngasih daftar pilihan lagu secara random, selain playlist yang bisa kita buat sendiri. Pasti ada waktu di mana kalian akan bosen juga kalau dengerin playlist yang kalian buat sendiri terus menerus.

Kalau tentang fitur ‘shuffle’, ini lebih psikologis lagi nih. Penulis kasih gambaran yeee. Ketika kita dengerin radio, sering ada perasaan bergejolak ketika lagu yang berhubungan sama kita diputar. Karena kita nggak pernah tahu tuh urutan lagu dari si penyiar. Nah menurut penulis, perasaan yang muncul ini direpresentasikan melalui fitur ‘shuffle’ oleh spotify. Penulis yakin kalau kalian sering coba fitur ini, tapi kalian mungkin ngga tahu kalau ini bisa saja ada hubungannya dengan kebiasaan dengerin radio.

Buat kalian yang belum pernah ngerasain dengerin radio, cobain deh. Sekarang dengerin radio nggak sesulit dulu yang harus bener-bener punya radio dan cari frekuensinya dengan muterin tuner. Kita udah bisa dengerin radio lewat streaming, dan hampir semua stasiun radio udah nyediain platform streaming buat pendengar yang ada diluar jangkauan frekuensi.

So, cobain dengerin radio dan rasakan sensasinya.

Populer video

Berita lainnya