Ketahui Manfaat Timun untuk Wajah yang Sayang jika Dilewatkan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Masker Timun Bagi Kulit Wajah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Timun merupakan buah yang memiliki tekstur daging yang renyah. Buah ini sering dijadikan bqhan tambahan dalam lalapan. Selain rasanya yang lezat, timun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk kesehatan kulit wajah.

Manfaat timun untuk wajah berasal dari sifat antiradang dan berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya seperti antioksidan, vitamin C dan zat astringent. Timun juga kaya akan air sehingga baik untuk menunjang kesehatan kulit wajah.

Oleh karena itu, timur menjadi salah satu buah yang sering digunakan dalam perawatan kulit wajah. Berikut ini adalah beberapa manfaat timun untuk wajah:

Melembapkan kulit wajah

Kadar air dalam buah timun sekitar 96%. Berkat kandungan airnya yang melimpah, timun dapat menghidrasi kulit wajah agar tetap sehat dan terjaga kelembapannya. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi timun secara langsung atau menggunakan masker timun.

Namun tidak dianjurkan untuk menggunakan timun sebagai satu-satunya cara melembapkan kulit wajah. Agar kulit wajah tetap sehat dan terhidrasi, Anda perlu menggunakan pelembap wajah, minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari, dan mencukupi waktu istirahat setidaknya 8 jam per hari.

Meredakan iritasi kulit wajah

Manfaat timun untuk wajah juga meredakan  iritasi kulit, misal yang disebabkan oleh paparan sinar matahari atau gigitan serangga. Ini karena timun memiliki sifat antiradang yang dapat mengatasi berbagai kondisi kulit akibat iritasi, seperti munculnya ruam dan kemerahan.

Mencegah jerawat

Timun dikenal bisa mencegah jerawat karena mengandung zat astringent di dalamnya. Zat ini dapat berperan sebagai pembersih alami yang bisa membersihkan pori-pori di wajah dari kotoran dan minyak berlebih.

Mengatasi bengkak pada wajah

Bengkak pada wajah sering terjadi ketika bangun tidur. Hal ini disebabkan oleh penumpukan cairan dari aliran getah bening pada wajah selama Anda tertidur. Untuk mengatasinya, gunakan masker timun karena memiliki efek dingin yang baik untuk mengurangi pembengkakan di wajah.

Mencegah penuaaaan dini

Timun dikenal dengan kemampuannya dalam mencegah penuaan dini. Ini karena timun kaya senyawa antioksidan, yaitu flavonoid dan tanin, yang bisa mencegah kerusakan sel penyebab berbagai tanda penuaan di wajah, seperti kerutan, garis halus, dan bintik hitam.

Selain itu, timun juga memiliki kandungan vitamin C yang dapat merangsang produksi kolagen di dalam tubuh. Kolagen berperan membuat kulit tampak lebih kencang dan awet muda.

Populer video

Berita lainnya