Hindari Kesalahan Saat Mewarnai Rambut di Rumah, Apa Saja?

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mewarnai Rambut
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Beberapa produk cat rambut yang dijual di pasaran umumnya sudah dilengkapi alat serta petunjuk pemakaiannya. Sehingga, Anda bisa mewarnai atau mengecat rambut dapat dilakukan di rumah. Meski begitu, masih ada saja kesalahan yang kerap dilakukan saat mengecat rambut.

Tanpa disadari, biasanya kesalahan itu membuat pewarnaan rambut menjadi tidak maksimal. Bahkan dapat menimbulkan efek samping tertentu. Melansir laman klikdokter, berikut ini kesalahan yang harus dihindari saat Anda mewarnai rambut di rumah.

Tidak memakai alas atau pelindung

Agar cat rambut tidak berceceran, Anda perlu memakai jubah plastik atau handuk bekas di bagian leher dan pundak. Sebab, bahan kimia dari pewarna rambut dapat meresap ke dalam kulit dan menyebabkan ruam. Akibatnya, dapat timbul reaksi alergi, seperti dermatitis di mata, telinga, dan wajah. Jika ada noda bekas cat rambut di kulit, Anda bisa menggunakan makeup remover berbahan dasar minyak untuk menghapusnya.

Cat rambut mengenai kulit kepala

Tidak dianjurkan mengoleskan cat warna rambut ke kulit kepala. Sebab, bahan kimia yang ada di dalam pewarna rambut dapat menyebabkan kulit kepala iritasi. Sebaiknya beri jarak dari rambut ke pangkal rambut atau dari kulit kepala sekitar 5 cm. Tujuannya agar cat tidak langsung terkena kulit kepala atau kulit wajah.

Mendiamkan cat rambut terlalu lama

Kesalahan lain yang harus dihindari adalah mendiamkan cat rambut terlalu lama. Selain menyebabkan warna rambut yang keluar terlalu terang, mendiamkan cat terlalu lama dapat mengiritasi kulit kepala.

Idealnya, diamkan cat rambut sesuai instruksi di kemasan produk. Umumnya dibutuhkan waktu sekitar 30 hingga 35 menit agar warna cat meresap dengan baik ke batang rambut.

Memilih warna berdasarkan gambar di kemasan

Belum tentu warna rambut Anda akan sama persis dengan warna yang ditawarkan di kemasan produk. Sebab, warna yang didapatkan akan tergantung dari warna rambut Anda saat ini. Untuk mencegah warna rambut keluar berbeda dan tidak maksimal, Anda bisa berkonsultasi dengan sales produk atau mengamati review warna cat rambut di media sosial.

Asal keramas setelah mewarnai rambut

Usai mendiamkan pewarna rambut, Anda harus keramas untuk membersihkan sisa cat di kepala. Namun, Anda tidak boleh asal saat keramas. Salah cara keramas dapat menyebabkan hasil warna rambut jadi tidak maksimal.

Untuk membersihkan pewarna di kepala, Anda bisa membilasnya dengan air dan mengoleskan kondisioner ke helai rambut selama 20 menit. Kondisioner dapat mengisi kelembapan yang hilang selama rambut diwarnai. Hindari juga keramas pakai sampo selama 48 jam setelah cat rambut.

Populer video

Berita lainnya