Mengenal Pengaruh Warna Terhadap Emosi Manusia

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Psikologi Warna
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Psikologi warna merupakan cabang ilmu psikologi yang digunakan untuk mengetahui pengaruh warna terhadap perasaan, suasana hati, dan emosi. Bukan hanya persoalan emosi, warna juga bisa memengaruhi perilaku dan reaksi fisiologis manusia.

Untuk mengetahui efek warna terhadap kondisi psikologis seseorang, Anda perlu mengetahui respons otak terhadap paparan warna. Sebab, kemampuan manusia dalam menginterpretasikan warna sangat dipengaruhi oleh otak.

Setiap orang memiliki persepsi berbeda-beda pada setiap warna. Namun, ada beberapa warna yang bisa memunculkan emosi yang serupa pada banyak orang. Melansir laman helloSEHAT, berikut ini beberapa warna beserta maknanya berdasarkan psikologis warna.

Merah

Merah identik dengan gairah, keberanian, dan kekuatan. Warna ini juga dianggap sebagai warna yang paling kuat. Warna merah sering digunakan pada peringatan bencana alam atau kebakaran darurat. Karena pada saat-saat tertentu, warna merah bisa membangkitkan perasaan seperti takut, cemas, atau waspada.

Di sisi lain, merah juga erat kaitannya dengan cinta dan keinginan. Hal ini cukup menjelaskan mengapa orang yang menggunakan pakaian berwarna merah dinilai lebih menarik oleh lawan jenis.

Biru

Biru merupakan salah satu warna favorit, karena menjadi warna langit dan lautan. Menurut psikologis warna, biru dapat melambangkan kesetiaan dan kejujuran. Karenanya, biru dapat menjadi pilihan warna yang aman untuk meningkatkan kepercayaan seseorang terhadap Anda, meyakinkan bahwa Anda dapat diandalkan, profesional, tenang, dan terkendali.

Warna biru juga memberi efek yang menenangkan untuk tubuh. Melihat warna ini bisa membantu memperlambat detak jantung dan penurunan aliran darah.

Kuning

Berbeda dengan warna biru, kuning tidak terlalu menjadi favorit karena warnanya yang cerah dan intens. Bila digunakan secara berlebihan, warna kuning bisa membuat mata menjadi lelah. Meski demikian, warna kuning bisa menarik perhatian dan terkesan ceria. Banyak iklan yang menggunakan warna ini untuk membangkitkan rasa bahagia.

Warna kuning juga dapat menjadi elemen yang baik pada interior dapur. Sebab, warna-warna hangat seperti kuning dipercaya bisa merangsang nafsu makan.

Hijau

Hijau melambangkan harmoni dan keseimbangan. Sebab, warnanya identik dengan alam, melihat warna hijau dapat menimbulkan efek yang menenangkan. Terbukti bahwa menghabiskan waktu di luar ruangan yang penuh dengan lingkungan hijau dapat membantu menghilangkan stres.

Serupa dengan warna abu-abu, warna hijau menargetkan hipotalamus anterior, bagian otak yang berkomunikasi dengan saraf parasimpatis untuk memicu efek anestesi yang membuat Anda mengantuk.

Populer video

Berita lainnya