Ketahui Penyebab Rambut Lepek yang Jarang Disadari

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara Atasi Rambut Lepek Berminyak
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Rambut lepek kerap membuat penampilan menjadi kacau. Seseorang yang memiliki rambut lurus dan tipis lebih rentan untuk mengalami rambut lepek. Kondisi ini terjadi akibat rambut yang terlihat basah kuyup dan seperti berminyak.

Untuk mengambil langkah tepat untuk mengatasinya agar tidak terulang kembali, sebaiknya Anda lebih dulu mengetahui penyebabnya. Melansir laman halodoc, simak beberapa penyebab rambut lepek yang mungkin tidak Anda sadari.

Memiliki Rambut yang Halus secara Alami

Seseorang dengan kondisi ini lebih rentan mengalami rambut lepek. Kondisi ini juga menyebabkan kulit kepala tidak memiliki cukup helai rambut agar terlihat tebal. Selain itu, mereka yang memiliki rambut halus memiliki banyak folikel rambut dibandingkan rambut yang bertekstur tebal, sehingga kulit kepala memiliki ruang lebih banyak untuk helai rambut. Hal ini menyebabkan kulit kepala terlalu berminyak, sehingga terlihat lepek.

Menggunakan Produk Rambut yang Tidak Cocok

Penggunaan produk rambut yang berlebihan atau tidak mencucinya dengan bersih, menyebabkan rambut berminyak karena residunya. Produk yang tidak sesuai dengan tekstur rambut juga dapat menimbulkan tampilan lepek. Pun dengan cara pengaplikasian yang salah juga dapat berdampak pada hal yang sama. Karenanya, sesuaikan produk yang dibeli dengan jenis rambut yang dimiliki.

Berkeringat

Banyak berkeringat akibat cuaca yang panas atau selepas olahraga juga dapat membuat rambut terlihat lepek. Apalagi jika bercampur dengan kotoran yang menempel di bagian kepala, menyebabkan sebum meningkat drastis. Jika dibiarkan, Anda juga berisiko untuk mengalami pertumbuhan ketombe yang menimbulkan rasa gatal di kepala.

Keramas dengan Air Panas

Keramas menggunakan air hangat berisiko menyebabkan rambut menjadi lepek. Sebab, penggunaan air panas secara rutin dapat membuat folikel rambut menjadi lemah dan bahkan rontok. Selain itu, penggunaan air panas pada rambut juga dapat meningkatkan produksi minyak berlebih pada kulit kepala. Sehingga, rambut lepek lebih mudah terjadi akibat penumpukan minyak berlebih tersebut.

Pola Makan Tidak Sehat

Kebiasaan mengonsumsi makanan yang berminyak juga dapat mendorong tubuh memproduksi kandungan tersebut dalam jumlah yang banyak. Sebab, tubuh berusaha untuk mengeluarkan kandungan minyak berlebih, termasuk melalui kulit kepala. Jika kondisi ini terjadi secara terus-menerus dan bahkan bercampur dengan kotoran atau keringat, rambut lepek lebih rentan dialami.

Populer video

Berita lainnya