Bukan Kesepian, Ini Pentingnya Meluangkan Waktu Sendiri

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Meluangkan Waktu Sendiri
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Berbeda dengan kesepian, adakalanya Anda butuh meluangkan waktu sendiri. Ya, waktu sendiri adalah keadaan di mana Anda menikmati momen kesendirian dengan melakukan segala sesuatu yang disukai. Aktifitas ini banyak manfaatnya lho. Mulai dari menggali kreativitas hingga menumbuhkan rasa empati.

Melansir laman alodokter, ada beragam manfaat yang bisa didapat dari me time. Berikut ini beragam manfaat yang akan Anda rasakan dari meluangkan waktu sendiri.

Meningkatkan produktivitas kerja

Bekerja secara berkelompok kadang kala dapat memecah fokus dan konsentrasi. Fenomena ini disebut dengan social loafing. Guna meningkatkan produktivitas kerja, cobalah alokasikan waktu bekerja seorang diri. Penelitian membuktikan, bekerja seorang diri dapat membuat Anda menjadi lebih fokus, sehingga daya ingat tetap terjaga.

Meningkatkan kreativitas

Brainstorming secara berkelompok memang bisa memunculkan inovasi baru dan mendorong kreativitas. Namun terkadang, hal ini dapat membuat Anda ragu mengemukakan ide karena mempertimbangkan pendapat orang lain.

Dengan memanfaatkan waktu sendiri, Anda akan lebih percaya diri, fokus terhadap suatu tujuan, hingga mampu menimbulkan ide-ide baru yang mungkin saja bisa menginspirasi orang lain.

Menumbuhkan rasa empati

Meski empati sudah ada dalam diri setiap individu sejak kecil, sikap ini tetap harus dikuatkan agar tidak berkurang dan hilang. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan dan memperkuat rasa empati adalah menghabiskan waktu dengan dirimu sendiri.

Di momen itu, Anda dapat merenung dan berpikir tentang bagaimana caranya memahami perasaan orang lain, menempatkan diri, dan mengontrol emosi menjadi lebih baik.

Mengenali diri sendiri

Menikmati waktu sendiri bisa menjadi wadah mengenal diri sendiri. Sebab, Anda bebas melakukan apa yang disukai tanpa adanya tekanan atau paksaan dari orang lain. Misalnya menekuni hobi atau mencoba hal baru yang sebelumnya belum pernah dilakukan. Semakin mengenal diri sendiri, maka Anda juga akan lebih mencintai dirimu sendiri.

Mempererat hubungan dengan orang lain

Menikmati waktu sendiri juga bermanfaat bagi hubungan sosial. Pasalnya, memberi jeda sejenak dari orang-orang di sekitar bisa menyadarkanmu betapa berharganya koneksi dengan mereka semua. Perlu diingat, hubungan yang sehat adalah ketika setiap individunya mampu menghargai dan menyangangi dirinya sendiri.

Populer video

Berita lainnya