Begini Cara Menghilangkan Kutek di Kuku dengan Tepat dan Aman

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kutek Kuku
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Banyak orang yang menggunakan kutek demi mempercantik tampilan kuku. Kutek sendiri memiliki berbagai jenis warna. Namun sayangnya ketika warna tersebut mulai pudar, tampilan kuku justru menjadi kurang menarik dan tidak enak dilihat.

Solusinya adalah menghilangkan sisa kutek kuku yang menempel. Pada umumnya orang menghapus kutek kuku dengan menggunakan aseton. Namun, bahan kimia di dalamnya disinyalir merusak kuku dan membuatnya rapuh. Melansir laman sehatQ, berikut adalah berbagai cara menghilangkan kutek yang lebih aman.

Kutek bening

Anda bisa mencoba menggunakan kutek bening sebagai penghapus kutek pada kuku. Caranya adalah mengaplikasikan kutek bening pada kuku dan diamkan sekitar 20-30 detik. Setelah itu, segera bersihkan dengan kapas. Jika ada cat kuku yang masih menempel, ulangi sampai benar-benar bersih.

Hand sanitizer

Produk berbasis alkohol ini dapat Anda coba untuk melarutkan cat kuku, tetapi mungkin membutuhkan lebih banyak waktu. Cara menghilangkan kutek tanpa aseton ini cukup mudah. Semprotkan atau oleskan hand sanitizer pada kuku dan diamkan sekitar satu menit. Selanjutnya, gosok menggunakan kapas atau tisu hingga bersih.

Pasta gigi

Pasta gigi mengandung etil asetat, yaitu senyawa kimia yang biasanya terkandung dalam penghilang kutek. Untuk mencobanya, gosok kuku dengan pasta gigi biasa atau yang mengandung soda kue karena bersifat abrasif. Setelah beberapa menit menggosok, seka dengan menggunakan kain untuk membersihkan kutek di kuku.

Air lemon

Bahan alami ini memiliki sifat alkalizing (basa) dan mudah menempel pada kuku. Untuk menghilangkan kutek, Anda hanya perlu menjadikannya sebagai scrub. Rendam kuku dalam air sabun selama 5 menit, kemudian gosok menggunakan irisan lemon dengan lembut. Setelah itu, oleskan pelembap untuk menjaga kondisi kuku agar tidak kering dan rapuh sehabis membersihkan kutek.

Hair spray

Selain untuk rambut, hair spray bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kutek di kuku. Kandungan alkohol di dalamnya dipercaya membantu membersihkan cat kuku. Caranya hanya perlu menyemprotkan hair spray pada bola kapas, kemudian gosokkan ke kuku. Lakukan cara ini sampai kutek hilang, kemudian bilas dengan air dan berikan sedikit minyak kutikula untuk menjaga kondisi kuku.

Cuka dan air perasan lemon

Campurkan air perasan lemon dan 4 sendok makan (sdm) cuka dalam mangkuk. Rendam kuku dalam larutan tersebut dan biarkan selama 3-5 menit. Gunakan bola kapas untuk menyeka cat kuku dengan lembut, lalu bilas sampai bersih.

Deodoran

Kandungan alkohol dalam deodoran dianggap membantu menghilangkan cat kuku dengan mudah. Anda hanya perlu menyemprotkan sedikit deodoran pada kuku, kemudian membersihkannya dengan bola kapas. Pastikan untuk berhati-hati saat menyemprotkan deodoran karena bisa terkena mata.

Populer video

Berita lainnya