Cara Jitu Menghilangkan Trauma

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Trauma Masa Kecil
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Trauma merupakan respons emosional terhadap berbagai kejadian buruk yang menimpa. Biasanya, setelah mengalami pengalaman yang kurang menyenangkan tersebut, Anda merasakan shock atau terkejut, maupun perasaan denial atau penolakan.

Seiring waktu berjalan, reaksi yang Anda alami terhadap kejadian tersebut bisa bermacam-macam. Sebagai contoh, muncul emosi-emosi yang tidak bisa diprediksi sebelumnya, hingga respons fisik seperti sakit kepala dan mual.

Jika terus-menerus dihantui kejadian traumatis di masa lalu hingga merasa stres dan depresi, ada beberapa cara mengatasi trauma yang bisa dipraktekkan seperti dilansir dari laman hellosehat.

Berusaha menerima perasaan yang muncul

Jika sudah merasa stres karena tidak bisa berhenti memikirkan kejadian traumatis di masa lampau, Anda mungkin merasakan emosi-emosi negatif seperti marah, merasa bersalah, dan masih banyak lagi. Tetapi perlu diingat, memiliki perasaan-perasaan tersebut adalah reaksi yang wajar. Maka itu, cara terbaik untuk menghilangkan trauma adalah dengan menerima perasaan-perasaan tersebut terlebih dahulu.

Namun setiap orang memiliki waktu dan prosesnya masing-masing. Jangan memaksakan diri untuk segera melalui masa-masa penyembuhan ini. Jika dirasa sudah cukup meluapkan perasaan-perasaan tersebut, mulailah secara perlahan untuk berdamai dengan kenangan tersebut dan menjalani hari baru dengan semangat yang baru.

Rutin berolahraga

Saat berolahraga, tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang lebih banyak untuk mengembalikan suasana hati menjadi lebih baik. Selain itu, rutin berolahraga juga dapat membantu memperbaiki sistem saraf, sehingga Anda bisa terbebas dari perasaan trauma yang selama ini menghantui. Untuk mewujudkan cara menghilangkan trauma yang satu ini, Anda bisa mencoba berolahraga setidaknya selama 30 menit setiap harinya.

Jangan terlalu sering menyendiri

Saat merasa stres, sedih, marah, dan kecewa, Anda mungkin lebih memilih untuk menyendri. Namun, di saat-saat seperti ini, menghabiskan waktu sendirian terlalu lama justru dapat memperparah kondisi Anda. Karenanya, cara menghilangkan trauma yang bisa dilakukan adalah sebisa mungkin menghabiskan waktu dengan orang lain.

Anda tidak harus membicarakan mengenai trauma yang Anda rasakan jika merasa tak nyaman. Ada banyak hal yang bisa Anda bicarakan dengan orang lain yang dapat membantu Anda merasa lebih nyaman.

Makan dan tidur teratur

Anda tetap harus memerhatikan pola makan dan pola tidur meski sedang mengalami post-traumatic stress disorder (PTSD) atas suatu hal buruk yang terjadi di dalam hidup. Pasalnya, makanan yang Anda konsumsi sangat berpengaruh terhadap suasana hati. Oleh sebab itu, makanan juga menjadi penentu apakah Anda mampu atau tidak menghadapi stres yang melanda akibat trauma.

Tak hanya itu saja, memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan sehat juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh. Sementara itu, pola tidur yang buruk dapat memperparah gejala trauma yang Anda alami. Bahkan, kebiasaan tak sehat ini juga akan mempersulit Anda dalam mengendalikan keseimbangan emosional yang ada pada diri.

Minta bantuan medis

Jika hal-hal tersebut ternyata masih belum cukup untuk membantu Anda menghilangkan trauma, cobalah mencari pertolongan kepada orang lain, khususnya pada para ahli, jika merasa Anda tidak bisa membantu diri sendiri.

Populer video

Berita lainnya