Mengenal Istilah Body Neutrality dan Manfaatnya bagi Kehidupan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Body Neutrality
Foto: Istimewa

Celebrithinik.com – Mungkin Anda pernah merasa insecure akan tampilan diri. Mulai dari bentuk badan dan berat badan yang tidak ideal, masalah kulit, rambut, dan hal lainnya. Padahal, walau tampilan fisik mungkin tidak sempurna, tetapi masih banyak hal yang bisa dilakukan tubuh untuk membantu kita menjalani kehidupan sehari-hari.

Nah, body neutrality berfokus pada fungsi dan kemampuan tubuh tersebut. Jadi, body neutrality atau netralitas tubuh adalah sikap menanamkan pola pikir untuk menerima sekaligus mensyukuri berbagai fungsi dan kemampuan yang dapat dilakukan oleh tubuh kita saat ini dan tidak berfokus pada penampilan saja. Melansir laman hellosehat, berikut ini manfaat menerapkan konsep body neutrality ke dalam kehidupan sehari-hari.

Mengurangi penilaian buruk

Mengurangi penilaian buruk terhadap diri sendiri merupakan manfaat pertama dari body neutrality. Pasalnya, konsep body neutrality menghindari kecenderungan untuk membandingkan diri dengan orang lain dan menghakimi diri sendiri berdasarkan penampilan fisik.

Bila dilakukan dalam jangka waktu yang lama, body neutrality dapat mengubah pola pikir secara keseluruhan. Sehingga Anda akan terbiasa menilai orang lain dengan lebih positif dan bukan berdasarkan tampilan fisiknya saja.

Meningkatkan rasa empati

Dengan memahami bahwa setiap orang pasti memiliki kekurangan, memiliki cerita unik akan tubuhnya masing-masing, atau memiliki kondisi fisik yang berbeda-beda. Hal ini kemudian memungkinkanmu untuk menjalin hubungan sosial yang lebih sehat dengan orang lain.

Meredakan stres

Terlalu fokus pada penampilan fisik bisa memicu Anda untuk mengkritik atau menghakimi diri sendiri secara berlebihan. Padahal, hal tersebut bisa menurunkan rasa percaya diri, bahkan meningkatkan risiko mengalami stres berkepanjangan.

Dengan menerapkan konsep body neutrality, Anda akan terlatih untuk fokus pada fungsi tubuhmu secara keseluruhan, bukan hanya tentang penampilan fisik saja. Bila demikian, suasana hatimu pun bisa meningkat dan stres bisa mereda seiring waktu.

Mengurangi kecemasan

Stres akibat pikiran negatif akan penampilan fisik juga bisa memicu kecemasan. Dengan melakukan body neutrality, ini bisa membantumu mengelola pikiran negatif akan tampilan fisikmu dan mengubahnya menjadi pikiran yang lebih positif, sehingga gejala kecemasan yang kamu alami juga bisa berkurang.

Menanggapi sesuatu dengan lebih bijak

Saat stres, biasanya kita cenderung lebih sensitif dan emosional dalam menanggapi berbagai hal dalam hidup. Nantinya ini bisa menyebabkan timbul perkataan dan reaksi yang kurang baik, atau bahkan mungkin akan kita sesali di kemudian hari. Dengan menerapkan body neutrality, kamu bisa terhindar dari hal tersebut, karena konsep body neutrality bisa membuatmu menjadi lebih tenang, damai, dan rasional.

Populer video

Berita lainnya