Agar Hobi Ngemil jadi Lebih Sehat, Perhatikan Waktunya!

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ngemil Sehat
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Anda termasuk yang gemar ngemil? Kendati sudah memilih camilan sehat, anda harut tetap memperhatikan waktu yang tepat untuk ngemil. Pada kenyataannya ngemil tidak selalu identik dengan bertambahnya berat badan. Ada waktu-waktu ngemil yang ternyata membawa dampak positif bagi tubuh.

Jadi, kapan waktu ngemil sehat yang dianjurkan tersebut? Dilansir dari laman klikdokter, berikut ini ulasan waktu yang tepat untuk menyalurkan hobi ngemil anda.

Empat jam setelah makan

Dianjurkan makan camilan 4 jam setelah makan berat. Hal ini bertujuan agar kadar gula darah di dalam tubuh tetap stabil, sehingga anda tidak kalap di waktu makan berikutnya. Beberapa pilihan camilan yang bisa dikonsumsi seperti sandwich gandum dengan pisang dan mentega almon atau granola dari campuran kacang dan buah kering.

Setelah olahraga

Setelah melakukan olahraga dalam waktu 1 jam atau lebih, anda diajurkan untuk makan camilan. Tindakan ini bertujuan untuk mengembalikan energi anda yang terkuras saat olahraga. Jika anda berolahraga di pagi hari, camilan yang dapat dijadikan pilihan adalah smoothies dari yoghurt rendah lemak, buah-buahan, atau serealia yang dicampur dengan susu rendah lemak.

Sementara jika anda termasuk yang berolahraga di malam hari, beberapa camilan yang dapat dijadikan pilihan adalah sayuran atau nasi beras merah, ikan, kacang-kacangan, dan buah.

Sebelum jamuan makan malam

Makan camilan sebelum pergi ke acara jamuan makan malam. Sebab biasanya acara seperti itu menyajikan makanan yang banyak, enak, dan bisa membuat anda kalap. Dengan ngemil sebelum pergi ke jamuan makan malam, anda akan terhindar dari makan berlebihan yang dapat mengakibatkan penumpukan kalori di dalam tubuh.

Sebelum tidur malam

Bukannya bikin gemuk, ngemil sebelum tidur malam justru dapat membuat anda tidur lebih nyenyak. Tapi, anda harus benar-benar tepat dalam memilih makanan yang dijadikan camilan. Misalnya, biji bunga matahari, oatmeal dengan flax seeds atau pisang, popcorn tanpa mentega, atau selembar roti gandum.

Setelah anda tahu waktu terbaik untuk ngemil, jangan coba-coba untuk “mencuri-curi” kudapan di antara waktu sarapan dan makan siang. Pasalnya, sebuah penelitian dari The Journal of the American Dietetic Association menyebutkan, orang yang ngemil di waktu tersebut cenderung memiliki keinginan makan camilan beberapa jam kemudian.

Populer video

Berita lainnya