Sariawan Saat Puasa Sangat Menggangu, Begini Cara Mengatasinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sariawan merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi saat berpuasa. Sebab mulut menjadi lebih kering dan bisa memicu bertambahnya jumlah bakteri. Penyebab sariawan yang paling umum adalah daya tahan tubuh melemah, kekurangan vitamin B12 dan/atau asam folat, serta infeksi bakteri atau virus tertentu.

Sariawan saat puasa tentunya sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Selain nyeri, anda yang mengalami sariawan juga kesulitan makan maupun minum. Namun jangan khawatir! Dilansir dari laman halodoc, ada beberapa cara mengatasi sariawan yang bisa dicoba.

Berkumur Air Garam

Garam yang dicampur dengan air hangat bisa digunakan sebagai obat kumur praktis untuk mengatasi sariawan. Sebab, garam memiliki sifat antiseptik, sehingga bisa membantu proses penyembuhan sariawan dengan lebih cepat.

Oleskan Madu

Madu adalah salah satu pilihan obat sariawan alami. Madu diketahui memiliki sifat antiradang sekaligus antibakteri, yang bisa membantu mengurangi rasa perih dan mempercepat proses pemulihan sariawan. Caranya cukup dengan mengoleskan madu di area yang mengalami sariawan.

Kelapa

Kelapa dikenal sebagai buah super yang memiliki banyak khasiat. Salah satunya sebagai obat sariawan di lidah atau di bibir. Bahan ini bekerja mencegah peradangan luka semakin memburuk sekaligus mengurangi rasa sakit yang timbul akibat sariawan. Kelapa juga diyakini dapat membantu menyejukkan suhu tubuh, yang pada beberapa kasus menjadi penyebab timbulnya sariawan.

Caranya, campurkan madu dengan susu kelapa atau minyak kelapa. Lalu oleskan ramuan tersebut di luka sariawan. Ulangi sebanyak 3-4 kali dalam sehari, sampai sariawan mulai tampak mengempis.

Kantung Teh Bekas

Jika anda membuat teh celup, kantong teh yang bekas anda gunakan jangan dulu dibuang. Karena kantung teh bekas bisa dijadikan obat sariawan di lidah dan bibir. Kantong teh yang bersifat basa dapat menetralisir area mulut yang asam, agar tidak memperburuk rasa sakit akibat sariawan. Caranya cukup dengan menempelkan kantung teh celup bekas pakai selama kira-kira lima menit pada sariawan.

Oleskan Getah Lidah buaya

Lidah buaya ampuh untuk menghilangkan sariawan di lidah karena fungsinya sebagai anti-peradangan dan pereda nyeri yang alami. Caranya, siapkan daun lidah buaya dan cuci sampai bersih. Kemudian, oleskan getah atau daging lidah buaya secukupnya langsung pada sariawan. Biarkan selama beberapa jam dan ulangi dua sampai tiga kali sehari.

Populer video

Berita lainnya