Ini Alasan Puasa Bisa Bikin Anda Awet Muda

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Awet Muda
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Puasa memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Dari segi fisik, beberapa manfaat yang juga bisa didapatkan adalah peningkatan fungsi otak, penurunan berat badan, hingga terlihat lebih awet muda. Namun, bagaimana sih caranya puasa bisa bikin seseorang lebih awet muda? Melansir laman halodoc, berikut ulasannya.

Regenerasi kulit

Saat puasa Anda mungkin merasakan kulit yang kering dan terlihat kusam karena kekurangan cairan. Ternyata, hal ini yang mendorong terjadinya proses regenerasi kulit. Artinya, kulit yang kering dan kusam tersebut akan digantikan dengan yang baru.

Usus besar lebih bersih

Organ ini tidak memproses makanan dan minuman dalam waktu yang lama, sehingga lebih bersih dari biasanya. Hal ini menyebabkan kemampuan usus dalam penyerapan nutrisi menjadi lebih maksimal. Sehingga, segala nutrisi yang menyehatkan kulit bisa diterima dengan maksimal. Tentunya perlu didukung dengan pemilihan makanan yang sehat saat sahur dan berbuka.

Menyingkirkan racun

Berpuasa juga bisa menjadi metode detoks. Hal ini dapat membantu tubuh untuk menyingkirkan racun dan zat yang tidak baik. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih segar dan sehat. Bahkan, berpuasa juga dapat menurunkan berat badan jika dilakukan dengan benar dan menjaga makanan yang dikonsumsi.

Sel lebih sehat

Puasa dapat mengurangi kerusakan sel dan membantu untuk menjaga DNA tetap sehat. Hal tersebut dapat menunda terjadinya penuaan. Puasa juga sangat baik untuk membantu tubuh meningkatkan ketahanan terhadap stres oksidatif yang rentan menimbulkan masalah kesehatan.

Berpuasa juga dapat membantu tubuh lebih muda dari sel-selnya, terutama mitokondria. Puasa dapat membuat bagian tersebut tercegah dari homeostasis yang berhubungan dengan penuaan. Saat mitokondria tidak menua, sel di dalam tubuh juga terlihat lebih muda.

Hormon pertumbuhan

Berpuasa secara rutin juga dapat mendorong tubuh menghasilkan lebih banyak hormon pertumbuhan. Hal ini dapat mencegah proses penuaan, sehingga puasa bisa bikin seseorang awet muda. Hormon pertumbuhan juga dapat membantu percepatan proses penurunan berat badan yang efektif untuk membakar lemak dengan efektif.

Populer video

Berita lainnya