Tantangan yang Sering Dialami Selama Berpuasa dan Cara Mengatasinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Saat puasa Ramadan, tubuh akan beradaptasi denga rutinitas yang baru. Apalagi selama kurang lebih 12 jam tubuh tidak mengonsumsi makan dan minum. Bahkan, pola tidur pun berubah, karena Anda harus bangun lebih awal untuk santap sahur. Melansir laman halodoc, ini sejumlah tantangan yang dihadapi saat berpuasa, dan cara mengatasinya.

Lapar dan haus

Lapar dan haus menjadi tantangan yang paling terasa akibat tidak terpenuhinya asupan makanan dan minuman dalam waktu yang panjang. Guna menghindari hal ini adalah dengan mengetahui apa penyebab lapar semakin terasa. Penyebabnya bisa terjadi akibat aktivitas yang terlalu berat atau makan sahur yang kurang mengenyangkan.

Setelah mengetahui alasannya, Anda bisa mencegah hal itu terjadi dengan menjauhi penyebabnya. Seiring berjalannya waktu, tubuh akan beradaptasi, sehingga rasa lapar dan haus tak lagi terasa.

Mudah lelah

Kondisi tersebut umum dialami oleh orang yang menjalankan aktivitas dan pekerjaan berat selama berpuasa. Rasa lelah yang dialami disebabkan oleh tidak ada asupan gizi sebagai pengganti energi yang dikeluarkan tubuh.

Untuk mengatasinya, jangan pernah melewatkan makan sahur, tidur siang selama beberapa menit, tetap penuhi asupan cairan tubuh, dan hindari paparan sinar matahari berlebihan.

Kehilangan fokus

Kondisi tersebut terjadi akibat kurangnya waktu tidur selama berpuasa. Padahal, jumlah waktu tidur yang disarankan untuk orang dewasa berusia 18-60 tahun adalah 7 jam atau lebih dalam semalam.

Untuk mencegahnya, Anda disarankan menjaga pola tidur. Di samping itu, cobalah hindari asupan minuman berkafein saat sahur, mematikan semua perangkat elektronik satu jam sebelum tidur, meluangkan waktu untuk melakukan me time, dan menjaga suhu kamar tetap sejuk.

Bibir kering dan masalah kulit

Kondisi ini terjadi akibat tubuh kekurangan cairan yang diperlukan. Pada beberapa orang, mereka juga akan mengalami kulit kering dan kusam. Untuk mencegah kedua kondisi tersebut, sebaiknya penuhi asupan cairan tubuh. Selain itu, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi asupan vitamin dan serat yang baik untuk kulit.

Mengantuk

Kondisi ini wajar terjadi karena tubuh akan kekurangan waktu tidur dan bangun lebih awal dari biasanya untuk melaksanakan sahur. Untuk mencegah kantuk di siang hari, Anda bisa tidur siang selama beberapa menit. Selain itu, Anda juga disarankan tidur lebih cepat di malam hari. Usahakan untuk membuat ruangan senyaman mungkin agar kamu lebih cepat terlelap.

Populer video

Berita lainnya