Masih Bau Badan Meski Sudah Pakai Deodoran? Atas dengan Bahan Alami Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Atasi Bau Badan dengan Bahan Alami
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bau badan yang tak sedap membuat anda tidak percaya diri saat ada orang lain yang mencoba mendekat. Mungkin anda juga akan merasa kesal jika menemukan orang di sebelah anda mengeluarkan bau badan yang menyengat di hidung.

Keringat sendiri sebenarnya tidak berbau. Tetapi, bakteri yang berkembang biak pada keringatlah yang menyebabkan timbulnya bau tidak sedap. Biasanya bau badan tidak sedap muncul pada usia pubertas.

Sebenarnya anda bisa mengurangi bau badan tak sedap dengan memakai pakaian yang longgar dengan bahan yang mampu menyerap keringat seperti katun. Anda juga bisa menggunakan deodoran atau antiperspiran yang membantu membatasi produksi keringat dan pertumbuhan bakteri. Namun terkadang, cara tersebut masih kurang ampuh untuk mengurangi bau badan tidak sedap.

Jika sudah demikian, anda tak perlu cemas. Sebab anda juga bisa mengurangi bau badan dengan memakai bahan-bahan alami yang bisa anda temui di rumah. Dilansir dari laman hellosehat, berikut ini bahan-bahan alami untuk mengurangi bau badan.

Cuka

Cuka bisa digunakan untuk mengendalikan bau badan tak sedap. Pasalnya, cuka mampu mengubah kadar pH kulit menjadi lebih asam. Kadar pH kulit yang agak asam bisa membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri jahat yang dapat menimbulkan bau tidak sedap tersebut.

Anda bisa menggunakan cuka untuk mengurangi bau badan dengan beberapa cara. Salah satunya menggunakan cuka apel yang dicampur dengan air, kemudian dioleskan pada area ketiak. Beberapa orang juga ada yang mencoba merendam kaki pada air hangat yang telah dicampur beberapa tetes cuka. Hal ini bisa membantu membunuh bakteri atau jamur di kaki, yang biasanya jadi penyebab kaki bau.

Daun sage

Ada 3 manfaat yang bisa anda dapatkan dari daun sage. Pertama, daun sage dapat mengurangi aktifitas kelenjar keringat sehingga dapat mengurangi produksi keringat berlebih. Kedua, daun sage merupakan tanaman anti bakteri yang akan mencegah bakteri berkembang biak pada kulit sehingga menyebabkan bau badan. Ketiga, daun sage memiliki aroma alami yang berfungsi sebagai deodoran.

Anda bisa menggunakan daun sage dalam rupa minyak dan mengoleskannya langsung di bawah ketiak atau di bagian tubuh lainnya yang berbau tidak sedap. Cara lainnya adalah menyeduh daun sage segar bersama teh untuk diminum, atau menuangkan minyak sage ke dalam air mandi anda.

Populer video

Berita lainnya