5 Persiapan Penting yang Perlu Dilakukan Sebelum Menikah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Persiapan Penting Sebelum Menikah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Banyak hal yang harus anda persiapkan sebelum memutuskan untuk menikah dengan pasangan. Ya, menikah menjadi satu fase dimana anda akan menjalani kehidupan berumah tangga dengan pasangan, dengan harapan hidup bahagia selamanya.

Namun anda harus memiliki beberapa pertimbangan dan jawaban sebelum masuk ke jenjang yang lebih serius dengan pasangan. Lantas apa saja yang harus dipikirkan dan putuskan sebelum menikah? Dilansir dari laman hellosehat, berikut ini berbagai persiapan yang perlu anda lakukan sebelum menikah.

Kenali diri sendiri dulu sebelum menikah

Sebelum menikah, anda harus memahami kelemahan dan kelebihan diri anda terlebih dahulu. Sebab, kehidupan pernikahan tidak selalu berjalan mulus dan indah. Sebelum menghadapi kerikil yang akan ditemui saat berumah tangga, anda wajib memahami diri sendiri. Ini berguna jika nantinya ada masalah dengan pasangan, karena tahu apa prinsip yang anda punya untuk menyelesaikan masalah.

Pikirkan keuangan dan pembagian tugas rumah tangga

Membicarakan keuangan dan peran masing-masing dalam rumah tangga sebelum menikah penting agar anda dan pasangan bisa saling memenuhi tanggung jawab satu sama lain tanpa harus berdebat sengit nantinya. Usahakan anda dan pasangan untuk saling terbuka soal keuangan dan tugas yang harus diemban setelah menikah. Anda dan pasangan juga bisa membuat anggaran tentang biaya yang harus ditanggung bersama dan biaya pribadi.

Persiapan untuk menghadapi konflik

Pernikahan merupakan dua kepala yang disatukan. Jadi, besar kemungkinan anda dan pasangan akan memiliki pandangan yang berbeda saat bersama nantinya. Anda harus siap jika bertengkar atau berbeda pendapat dengan pasangan.

Ada baiknya anda dan pasangan membicarakan batasan apa yang harus dipatuhi sebelum menikah. Misalnya ketika bertengkar, bolehkah anda menyendiri dulu untuk menjernihkan pikiran atau harus langsung diselesaikan saat itu juga. Ini bisa menjadi salah satu cara mencegah pertengkaran dan bisa menghormati pasangan satu sama lain.

Persiapkan pembagian waktu dengan teman dan keluarga

Mungkin banyak yang berpikir setelah menikah, harus lebih banyak menghabiskan waktu bersama pasangan. Sehingga, tak sedikit teman yang menganggap anda berubah setelah menikah, karena sudah tak lagi mau menghabiskan waktu bersama. Nah, anda harus menanamkan dalam hati bahwa pernikahan bukan untuk melupakan atau menarik diri dari orangtua dan pergaulan.

Membagi waktu dengan orang lain setelah menikah justru bisa membuat hubungan anda dan pasangan semakin kuat. Setelah mengobrol dengan teman atau orangtua, anda bisa menambah pengalaman atau pengetahuan soal kehidupan rumah tangga. Ini akan menambah keintiman dan membuat Anda mengisi kualitas hubungan dari apa yang sudah terlewatkan sebelumnya dengan pasangan ketika Anda bersama teman dan keluarga.

Pemikiran Memiliki anak

Setiap pasangan harus memiliki tujuan atas pernikahannya. Beberapa pasangan ada yang berniat memiliki buah hati dan ada pula yang tidak. Ini merupakan salah satu hal penting yang harus anda bicarakan dan pikirkan sebelum menikah. Jika ingin memiliki buah hati, tentukan kapan mau hamil, rencanakan program kehamilan, jalani gaya hidup sehat, bahkan mempersiapkan urusan finasial mengenai biaya masa depan buah hati.

Populer video

Berita lainnya