Berbagai Faktor yang Menyebabkan Anda Mudah Lupa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Penyebab Mudah Lupa
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin anda pernah mengalami lupa dengan nama seseorang yang baru saja dikenal. Atau anda lupa meletakkan kunci kendaraan. Bukan tidak mungkin anda akan merasa kesal dan heran mengapa begitu mudah lupa.

Ya, semua orang pasti pernah lupa. Lantas apa yang menjadi penyebab seseorang bisa sering lupa? Dilansir dari laman hellosehat, berikut ini beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab anda sering lupa akan suatu fakta atau hal tertentu.

Kurang tidur

Kurang tidur merupakan salah satu penyebab utama anda mudah lupa. Sebab waktu tidur yang sedikit atau kualitas tidur yang buruk, dapat menyebabkan perubahan suasana, hati, dan kecemasan. Hal ini dapat menurunkan fokus dan konsentrasi yang pada akhirnya dapat memengaruhi kemampuan daya ingat seseorang.

Mengonsumsi alkohol

Anda bisa menjadi mudah lupa jika terlalu sering mengonsumsi alkohol. Pasalnya, mengonsumsi alkohol terlalu banyak dapat mengganggu ingatan jangka pendek, bahkan setelah efek alkohol reda. Minuman ini juga dapat merusak kemampuan mental seseorang.

Pola makan yang buruk

Pola makan yang buruk juga dapat berpengaruh pada otak anda dalam mengingat sesuatu. Dilansir dari laman Harvard Health Publishing, seseorang yang mengonsumsi banyak makanan mengandung lemak jenuh dan lemak trans, cenderung memiliki ingatan yang lebih buruk dibandingkan mereka yang kurang konsumsi makanan tersebut.

Di samping itu, kekurangan asupan vitamin B-12 pun bisa menjadi penyebab anda sering lupa. Pasalnya, vitamin B-12 dapat membantu menjaga kesehatan sistem saraf, terutama kesehatan otak.

Obat-obatan tertentu

Beberapa obat penenang, antidepresan, obat tekanan darah, diketahui dapat memengaruhi daya ingat dan bisa menimbulkan efek samping berupa sedasi atau kebingungan. Kondisi ini dapat membuat anda sulit memperhatikan hal-hal baru, sehingga bisa menjadi penyebab sering lupa.

Stres, kecemasan, dan depresi

Saat Anda depresi dan stres, pikiran anda akan mengalami overstimulasi atau terganggu. Sehingga membuat kemampuan mengingat otak anda menjadi berkurang. Bahkan, stres dapat menimbulkan trauma emosional yang dapat mengarah pada kehilangan ingatan.

Penuaan

Penuaan sering dikaitkan dengan penyebab seseorang sering lupa. Sebab, seiring pertambahan usia, kemampuan mengingat seseorang akan berkurang. Karenanya, pada umumnya para lansia butuh waktu lebih lama untuk mempelajari dan mengingat informasi.

Seiring bertambahnya usia, anda juga akan mengalami perubahan fisiologis yang dapat menyebabkan gangguan pada fungsi otak. Sebab itu pada usia lanjut, perlu diketahui perbedaan antara kelupaan akibat penuaan yang normal atau mungkin sebagai indikasi adanya masalah atau penyakit tertentu.

Gangguan kognitif ringan

Sering lupa juga bisa terjadi karena adanya gangguan kognitif ringan (mild cognitive impairment/MCI), termasuk pada usia muda. Gangguan kognitif ringan adalah penurunan fungsi kognitif (berpikir dan mengingat) yang ditemukan pada seseorang, yang kondisinya lebih serius untuk individu seusianya.

Penurunan fungsi kognitif memang tidak terlalu berpengaruh terhadap aktivitas atau kehidupan sehari-hari penderitanya. Meski begitu, pengidap MCI memiliki risiko yang lebih tinggi terkena demensia, termasuk penyakit Alzheimer, yang menyebabkan seseorang mengalami hilang ingatan.

Populer video

Berita lainnya