6 Cara Tepat Mengatasi Jerawat Batu pada Wajah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tips Atasi Jerawat Batu pada Wajah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin anda pernah mendengar istilah jerawat batu. Ya, jerawat yang disebut sebagai cystic acne ini terbentuk jauh di dalam kulit yang disebabkan karena penyumbatan sel kulit mati di wajah. Ketika terkena jerawat batu pada wajah, akan muncul benjolan merah dengan ukuran yang cukup besar.

Pada dasarnya, jerawat bukanlah penyakit yang berbahaya. Namun perlu cara khusus jika anda ingin mengatasi jerawat batu. Apalagi jika tidak diobati dengan benar, dapat menimbulkan bekas luka. Dilansir dari laman klikdokter, berikut ini beberapa cara untuk mengatasi jerawat batu.

Hindari menyentuh wajah

Tanpa disadari, anda mungkin sering menyentuh wajah dengan menggunakan telapak tangan atau ujung-ujung jari. Hal ini dapat menciptakan peradangan dan dapat memindahkan kotoran yang ada di tangan berpindah ke wajah dan terperangkap dalam pori-pori kulit. Oleh karenanya hindari menyentuh wajah, terlebih menyentuh jerawat dengan tangan.

Perbaiki pola makan

Pola makan yang baik dan sehat tidak hanya meningkatkan kesehatan tubuh seperti jantung, otak dan sebagainya, tetapi juga harus menyehatkan kulit termasuk kulit wajah. Jadi, pilih makanan yang kaya akan vitamin seperti sayur dan buah untuk menu camilan setiap hari.

Perbanyak minum air putih

Sekitar 80 persen tubuh manusia dipenuhi oleh cairan. Mak dari itu setiap orang wajib mencukup kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Dengan memenuhinya, maka kulit akan tampak lebih kenyal, bersinar dan juga lembab.

Hindari memencet atau menyentuh jerawat

Memencet jerawat justru akan membuat jerawat semakin meradang dan meninggalkan bekas luka pada wajah. Ada baiknya jika jerawat ditutup dengan menggunakan acne patch. Setidaknya tahan diri anda agar tidak menyentuh jerawat apalagi memencetnya.

Gunakan pelembap kulit

Kendati sudah berjerawat, anda harus tetap menggunakan pelembap guna menjaga kadar minyak dalam wajah, sehingga kelembapan kulit tetap terjaga. Setidaknya da dua jenis pelembap yang perlu digunakan, yakni yang memang digunakan untuk melembapkan muka, dan pelembap yang digunakan untuk mengunci kelembapan itu sendiri.

Lindungi kulit dari polusi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asap, bahan kimia, dan racun di udara dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Jika anda hidup di kota industri, tidak banyak yang dapat dilakukan untuk menghindari polusi. Namun, menggunakan tabir surya setidaknya bisa menciptakan penghalang antara kulit dan racun.

Selain itu, mengaplikasikan serum antioksidan atau memakai masker wajah juga dapat membantu mencegah radikal bebas yang dapat merusak wajah anda.

Populer video

Berita lainnya