Bagaimana Mencari Pekerjaan di Tengah Pandemi?

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Pandemi covid-19 telah melumpuhkan sektor ekonomi di berbagai belahan dunia, dan berdampak pada perampingan yang dilakukan beberapa perusahaan. Walhasil, mereka yang terkena pemutusan kerja harus memutar otak mencari peluang baru, demi memenuhi kebutuhan hidup.

Tingkat pengangguran tinggi akibat pandemi menunjukkan betapa sulit mencari pekerjaan saat ini. Oleh karena itu, dilansir dari Times of India, bawasannbya sangat penting mendaftarkan diri di beberapa situs pencarian kerja. Bahkan meghidupkan persahatan lama untuk mencari koneksi pun tak ada salahnya, untuk menciptakan peluang mendapatkan tempat kerja.

Percaya diri dan bersabar

Para ahli mengatakan situasi ini menjadi waktu yang tepat bagi mereka yang menganggur, untuk meningkatkan keterampilan. Seperti yang dikatakan Vinod Arora, spesialis SDM senior bisnis e-commerce terkemuka, bahwasannya cara terbaik untuk maju adalah percaya diri.

“Tinggal di rumah selama tiga sampai empat bulan tidak mengurangi efisiensi, kemampuan kerja atau bahkan bakat Anda. Prioritaskan diri untuk mendapatkan pekerjaan daripada menuntut yang tepat,” kata Vinod Arora.

Tak dipungkiri, pandemi telah menyebabkan kepanikan. Sehingga penting bagi kita untuk merefleksikan keahlian yang kita miliki, dan melihat cara terbaik untuk menggunakannya untuk bidang yang berbeda. Anda harus mencari pekerjaan yang diminati, dan melihat seberapa baik anda menjalaninya.

Kuasai wawancara

Wawancara itu penting. Menurut Payal Nanjiyani, pakar dan pembicara di bidang kepemimpinan, penting untuk menunjukkan keterampilan kepemimpinan yang hebat. Ia menuturkan, kesalahan terbesar para pencari kerja adalah membicarakan tentang diri mereka sendiri, dan pencapaian yang mereka raih.

“Yang terbaik adalah fokus pada apa yang akan anda tawarkan, daripada membicarakan tentang apa yang anda kuasai. Anda juga harus bisa mengajukan pertanyaan yang hebat, karena itu membuka segala jenis kemungkinan,” kata Payal.

Sehingga ada beberapa pertimbangan yang patut dipikirkan ketika Anda melamar. Yakni;

  • Melamar pekerjaan yang memenuhi syarat untuk anda.
  • Bangkitkan kembali persahabatan lama dan cari koneksi.
  • Bersikap fleksibel dengan pilihan.
  • Bersikap terbuka untuk mengembangkan ambisi pengetahuan anda.
  • Carilah pekerjaan yang diminati dan bentuk keterampilan anda sesuai kebutuhan.

Populer video

Berita lainnya