Segudang Manfaat Ikan buat Tubuh, Rugi Kalau Jarang Makan!

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Makan Ikan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Indonesia dikenal sebagai negara maritim, yang dikelilingi laut dan perairan yang luas. Kekayaan ikan yang ada pun melimpah ruah. Namun yang ironis, penduduk Indonesia masih tergolong rendah dalam mengonsumsi ikan.

Ketimbang ikan, ayam dan daging sapi menjadi pilihan kebanyakan penduduk Indonesia. Padahal nutrisi dalam ikan sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dibanding daging dan ayam. Apalagi jika berbicara tentang manfaat mengonsumsi ikan yang sangat baik untuk tubuh. Dilansir dari laman helloSEHAT, berikut ini beberapa manfaat makan ikan.

Membantu pertumbuhan, otak dan tulang anak

Selain protein yang tinggi, ikan juga mengandung asam lemak omega-3 (yang dibutuhkan untuk pertumbuhan otak), serta vitamin D, mineral kalisum, dan mineral fosfor (ketiganya dibutuhkan anak untuk pertumbuhan tulang).

Ikan juga kaya akan vitamin dan mineral lain seperti vitamin B2, zat besi, zinc (seng), yodium, magnesium, dan kalium. Semua vitamin dan mineral tersebut tentu sangat dibutuhkan anak untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan.

Mencegah penyakit jantung

Ikan mengandung protein, vitamin, dan mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Kandungan omega-3 dalam ikan pun amat baik untuk kesehatan jantung.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan ikan kaya omega-3 (tuna, sarden, dan salmon) punya manfaat untuk mengurangi kadar lemak dalam darah, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Mengurangi risiko penyakit Alzheimer

Sebuah penelitian lain menemukan bahwa orang yang makan ikan dengan cara dipanggang memiliki volume otak lebih besar dengan sel otak lebih besar. Keduanya bertanggung jawab untuk fungsi ingatan dan pembelajaran. Para ahli pun percaya bahwa orang yang memiliki volume otak lebih besar memiliki risiko penurunan fungsi kognitif otak dan penyakit Alzheimer yang lebih rendah.

Ini ada kaitannya dengan substansi abu-abu di otak atau bagian otak yang mengandung neuron yang memproses informasi dan menyimpan ingatan. Penelitian menunjukkan konsumsi ikan setiap minggu berefek pada lebih banyaknya substansi abu-abu tersebut.

Mengurangi risiko depresi

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa makan ikan dapat membantu mengurangi risiko kondisi depresi. Hal ini mungkin karena kandungan omega-3 dalam ikan. Penelitian membuktikan bahwa konsumsi ikan dapat lebih meningkatkan efektivitas obat antidepresan, dibandingkan jika Anda hanya mengonsumsi obat antidepresan.

Omega-3 dalam ikan juga dapat membantu mengatasi gangguan mental lainnya, seperti gangguan bipolar. Omega-3 merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk fungsi otak yang sehat. Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas, ikan juga mempunyai manfaat lain di bawah ini.

  • Melindungi mata dari penurunan fungsi karena penuaan. Penelitian menunjukkan, rutin konsumsi ikan berhubungan dengan penurunan degenerasi makula pada wanita.
  • Mencegah penyakit asma pada anak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak yang mengonsumsi ikan lebih kecil berisiko terkena asma.
  • Menurunkan risiko diabetes tipe 1. Beberapa penelitian menunjukkan konsumsi ikan yang mengandung omega 3 berhubungan dengan penurunan risiko diabetes tipe 1 pada anak dan dewasa.

Populer video

Berita lainnya