Selain Menyenangkan, Menari Punya Manfaat buat Kesehatan lho!

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Menari
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Selain menyenangkan, ternyata menari juga memiliki manfaat bagi kesehatan fisik maupun mental. Terlebih di Indonesia, menari cukup lekat dengan kehidupan masyarakatnya. Hal ini bisa dilihat dalam perayaan hari raya atau budaya tertentu.

Namun, terlepas dari itu, kini menari tak hanya dilakukan sebagai sarana rekreasi atau ekspresi diri, tapi juga bisa sebagai bagian dari olahraga yang punya sederet manfaat bagi kesehatan. Melansir laman hellosehat, berikut manfaat menari bagi kesehatan.

Menjaga kesehatan jantung

Serupa dengan olahraga kardio, saat menari, denyut jantung akan meningkat karena tubuh harus melakukan gerakan dan koreografi tertentu. Hal ini akan membantu memperlancar sirkulasi darah dan oksigen ke seluruh tubuh.

Bahkan sebuah penelitian menyebutkan, penderita gagal jantung yang secara rutin melakukan tarian Waltz mengalami peningkatan kualitas hidup jika dibandingkan dengan penderita gagal jantung yang tidak melakukan olahraga sama sekali.

Meningkatkan keseimbangan dan kekuatan tubuh

Ketika menari, tubuh dituntut untuk melakukan gerakan-gerakan tertentu yang akan membuat tubuhmu beradaptasi untuk menjaga keseimbangan dan postur tubuh yang baik. Ditambah lagi, menari secara rutin juga bisa melatih otot dan kekuatan tubuh.

Menurunkan berat badan

Selain lebih mengasyikkan, menari secara rutin juga bisa membantumu menurunkan berat badan, lho. Namun, perlu diingat ya, Anda juga harus mejaga pola makan supaya hasilnya maksimal.

Meningkatkan energi

Menari dapat meningkatkan kinerja jantung, memperlancar aliran darah dan juga oksigen. Dengan begitu, proses pembentukan energi juga akan meningkat, sehingga kamu tidak akan mudah lelah saat beraktivitas.

Menjaga fungsi kognitif

Seiring bertambahnya usia, volume otak dan kemampuan kognitif akan menurun. Menurut salah satu penelitian, menari dapat membantu menjaga fungsi kognitif dengan cara menjaga dan meningkatkan volume hippocampus, yaitu bagian otak yang menyimpan memori.

Mengatasi stres

Penelitian menyebutkan, gerakan-gerakan yang dilakukan saat menari bisa membantu melepaskan beban pikiran yang mengganggu. Selain itu, hampir sama saat kamu melakukan olahraga lain, saat menari, akan terjadi pelepasan zat kimia di dalam otak yang membantu meredakan gejala kecemasan dan depresi.

Sarana bersosialisasi

Meski memang bisa dilakukan seorang diri, menari bisa membawa manfaat yang lebih banyak bila dilakukan beramai-ramai atau dalam kelompok. Menari dalam kelompok bisa membantu bersosialisasi dengan orang banyak, bahkan membuka kesempatan untuk bertemu teman baru. Hal ini dikaitkan dengan meningkatnya rasa bahagia, menurunnya tingkat stres, dan lebih terjaganya sistem kekebalan tubuh.

Populer video

Berita lainnya