Ketahui Dampak Polusi Udara pada Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Bahaya Polusi Udara
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Di beberapa kota besar, polusi udara menjadi masalah yang kerap dikeluhkan oleh masyarakat. Polusi udara adalah kontaminasi yang terjadi akibat banyaknya polutan pada udara, yang dapat berupa partikel kecil yang muncul secara alami maupun buatan.

Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai dampak buruk pada kesehatan. Selain gangguan pada pernapasan, udara yang buruk juga dapat memengaruhi tumbuh kembang anak dan memicu gangguan pada kehamilan. Melansir laman halodoc, berikut beberapa dampak polusi udara pada kesehatan yang sering diabaikan.

Batuk

Paparan polutan dengan durasi waktu yang pendek dapat menyebabkan seseorang mengalami kondisi batuk. Hal ini disebabkan polutan yang masuk ke dalam sistem pernapasan bagian atas sehingga memicu tubuh untuk mengeluarkan polutan tersebut.

Asma

Jika memiliki riwayat asma, kondisi udara yang buruk dapat menyebabkan penyakit asma kambuh secara berulang. Untuk itu, selalu pastikan udara di sekitar lingkungan bersih dengan membersihkan rumah secara rutin.

Gangguan Mata

Polusi udara juga dapat menyebabkan gangguan mata pada orang terpapar. Udara yang buruk dapat memicu iritasi, sindrom mata kering, konjungtivitis, hingga glaukoma. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan kacamata atau pelindung mata ketika beraktivitas di lokasi dengan kualitas udara yang buruk.

Kelahiran Prematur

Ibu hamil sebaiknya waspada saat melakukan kegiatan di luar rumah. Menghirup udara yang kotor dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur. Sebaiknya selalu gunakan masker untuk mencegah menghirup polutan dan lakukan pemeriksaan kesehatan kandungan secara rutin untuk menghindari gangguan kehamilan.

Pertumbuhan Paru-Paru Tidak Maksimal

Anak-anak yang dibesarkan pada lingkungan dengan udara yang kotor berisiko mengalami pertumbuhan paru-paru yang tidak maksimal. Hal ini membuat anak berisiko mengalami gangguan pernapasan dan mengurangi fungsi paru-paru saat mereka bertumbuh dewasa.

Populer video

Berita lainnya