Kenali Tanda-Tanda Anak yang Mengalami Pubertas Dini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Pubertas Dini
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Masa puber atau pubertas merupakan tanda ketika anak mulai memasuki masa-masa remaja. Biasanya, anak perempuan akan memasuki masa puber di usia 8-13 tahun, sedangkan anak laki-laki pada usia 10-16 tahun.

Namun ada juga masa pubertas terjadi lebih cepat yang dikenal sebagai pubertas dini. Pubertas dini dapat dialami sebelum usia anak memasuki usia 8-9 tahun. Kondisi ini menyebabkan perubahan pada bentuk tubuh, tinggi badan, hingga hormon dalam tubuh anak.

Ada dua penyebab utama seseorang mengalami pubertas dini, yaitu akibat pelepasan hormon gonadotropin dan yang bukan disebabkan hormon gonadotropin. Namun, keduanya menyebabkan produksi estrogen dan testosteron dalam tubuh meningkat. Melansir laman halodoc, ada berbagai hal yang dapat terjadi ketika seorang anak mengalami pubertas dini. Berikut tanda-tanda yang perlu diperhatikan.

Muncul Jerawat

Munculnya jerawat menjadi hal yang umum ketika mengalami kondisi ini. Jangan lupa untuk selalu mengingatkan anak pentingnya menjaga kebersihan tangan dan kulit wajah agar jerawat tidak mengalami peradangan.

Bau Badan

Perubahan hormon pada tubuh menyebabkan anak mengalami perubahan pada aroma tubuh. Hal ini bisa membuat aroma tubuh anak menjadi lebih buruk atau yang dikenal sebagai bau badan. Ajarkan anak untuk rutin mandi dan membersihkan tubuh secara tepat.

Perubahan Fisik

Perubahan fisik akan terlihat pada tinggi dan berat badan anak. Anak yang mengalami pubertas akan mengalami pertumbuhan fisik yang lebih cepat dibandingkan anak seusianya. Sementara pada anak wanita akan ditandai dengan pertumbuhan payudara. Pada pria, testis dan penis juga akan berkembang menjadi lebih besar.

Muncul Rambut Halus

Pubertas menyebabkan munculnya rambut halus di beberapa bagian tubuh anak, seperti ketiak hingga kemaluan. Pada pria, rambut halus juga akan muncul di sekitar wajah, seperti kumis atau jenggot.

Perubahan Suara

Pada pria perubahan suara akan terjadi. Biasanya, suara akan berubah menjadi lebih dalam atau berat.

Organ Reproduksi

Pada wanita akan ditandai dengan munculnya menstruasi pertama.

Populer video

Berita lainnya