Kenali Tanda-Tanda Anda Harus Mengganti Kacamata Baru

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kapan Harus Mengganti Kacamata
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kacamata merupakan solusi cepat untuk mengatasi gangguan penglihatan. Ada banyak jenis kacamata yang penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, gangguan penglihatan rabun jauh atau miopi, dapat diatasi dengan kacamata yang melawan peningkatan kelengkungan kornea atau panjangnya mata.

Ketika menggunakan kacamata sesuai dengan kondisi mata, penglihatan pun akan terasa lebih nyaman. Sebaliknya, ketika merasa tidak nyaman menggunakan kacamata atau bahkan sakit, mungkin sudah saatnya Anda harus mengganti kacamata. melansir laman hellosehat, berikut tanda-tanda Anda harus segera ganti kacamata dengan yang baru.

Pandangan kabur

Pandangan kabur merupakan salah satu gejala yang menandakan adanya masalah penglihatan pada mata Anda. Ketika pandangan tetap atau kembali kabur setelah lama menggunakan kacamata, artinya Anda harus segera ganti kacamata dengan resep yang baru. Ini mungkin saja terjadi karena minus mata yang bertambah setelah lama tidak mengganti kacamata.

Sering pusing

Jika sering merasa pusing dan mual ketika menggunakan kacamata, itu mungkin tanda Anda harus ganti resepnya. Pusing dan mual merupakan gejala yang sering muncul ketika otot mata bekerja lebih keras untuk membuat pandangan tetap fokus. Bahkan, pusing dan mual bisa saja muncul karena resep kacamata yang digunakan tidak lagi cocok dengan kondisi penglihatan terkini Anda.

Mata lelah

Ketika merasa mengalami mata lelah saat menggunakan kacamata, itu juga bisa jadi pertanda Anda harus menggantinya. Tapi mata lelah juga biasa terjadi ketika mata digunakan secara intens, misalnya terlalu lama memandang gadget. Jika mata lelah tak kunjung membaik meski Anda telah beristirahat, segera hubungi dokter mata Anda untuk melakukan pemeriksaan.

Penglihatan ganda

Kondisi ini tidak bisa Anda hiraukan begitu saja. Pasalnya, penglihatan ganda bisa menjadi pertanda serius, seperti gangguan otak atau stroke. Penglihatan ganda juga bisa disebabkan oleh mata silinder atau astigmatisme. Jika disebabkan oleh astigmatisme, Anda harus ganti kacamata yang sesuai dengan kondisi tersebut.

Kesulitan melihat pada malam hari

Tanda lain yang membuat Anda harus ganti kacamata adalah ketika Anda mengalami kesulitan melihat pada malam hari. Melakukan pemeriksaan mata kemudian memperbaharui resep kacamata adalah solusi dari gangguan penglihatan tersebut.

Lama tidak melakukan pemeriksaan mata

Anda perlu melakukan pemeriksaan mata secara berkala meski tidak mengalami gangguan penglihatan apa pun. Jika Anda pengguna kacamata, pemeriksaan perlu dilakukan dengan lebih sering untuk melihat kondisi penglihatan. Ketika sudah lama tidak melakukan pemeriksaan mata, kondisi penglihatan tidak lagi diperbaharui. Alhasil, kacamata sudah tidak sesuai dengan kondisi penglihatan terbaru yang dialami.

Kacamata rusak

Ketika lensa kacamata tergores atau pecah, penglihatan Anda tentu akan terganggu dengan goresannya. Otomatis, mata Anda akan berusaha lebih keras untuk melihat objek. Mata yang berusaha terlalu keras dalam melihat objek dapat menimbulkan gangguan kesehatan lainnya, seperti mata lelah dan pusing.

Populer video

Berita lainnya