Tips Mengatasi Mata Lelah karena Seharian Menatap Layar Komputer

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mata Lelah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Jika pekerjaan Anda mengharuskan melototi layar komputer dalam waktu yang lama, sudah tentu mata lelah menjadi masalah yang sering dialami. Selain mata lelah, kondisi ini juga bisa menimbulkan gejala, seperti sakit kepala, penglihatan kabur, mata kering, hingga sakit leher dan pundak.

Jika kondisi dibiarkan terus menerus, maka bisa merusak penglihatan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mencegahnya, sebenarnya cukup mudah. Melansir laman hellosehat, berikut penjelasan tentang cara mencegah mata lelah karena kerja di depan komputer yang bisa mulai Anda praktikan.

Atur posisi monitor komputer

Kebanyakan orang merasa lebih nyaman ketika memandang layar komputer dengan posisi mata ke bawah, bukan sejajar. Nah, Anda dapat mengatur posisi layar komputer menjadi 15-20 derajat di bawah pandangan lurus Anda. Selain itu, disarankan untuk menempatkan layar komputer sejauh kira-kira 50-71 sentimeter (cm) dari mata.

Gunakan tatakan sebagai alas komputer

Penggunaan tatakan sebagai alas monitor juga dapat dilakukan untuk mencegah mata lelah karena seharian kerja di depan komputer. Tatakan atau alas tersebut perlu ditempatkan di atas keyboard dan di bawah monitor Anda. Trik ini dilakukan untuk mencapai posisi yang tepat saat bekerja di depan komputer.

Atur pencahayaan dalam ruangan

Posisikan layar komputer Anda agar tidak terkena cahaya matahari langsung yang berasal dari jendela. Ini untuk menghindari silau yang disebabkan oleh cahaya tersebut. Gunakan tirai pada jendela dan ganti bola lampu di dalam ruangan tempat Anda bekerja dengan bola lampu yang memiliki watt lebih rendah.

Gunakan layar anti-silau

Jika Anda tidak bisa mengurangi pantulan cahaya dari jendela di ruangan tempat Anda bekerja, pertimbangkan penggunaan layar anti-silau. Filter anti-silau ini dapat mengurangi jumlah cahaya yang dipantulkan dari layar sehingga mampu mencegah gejala mata lelah akibat kerja di depan komputer.

Gunakan document holder

Jika Anda perlu melihat atau merujuk pada dokumen yang telah dicetak, Anda bisa menggunakan document holder yang ditempatkan di atas keyboard atau di samping monitor. Tujuan penggunaan alat ini untuk mengurangi seberapa banyak mata Anda perlu menoleh dari dokumen ke layar komputer atau sebaliknya.

Atur posisi duduk

Posisi duduk saat bekerja juga bisa menjadi faktor penting dalam mencegah mata lelah karena kerja di depan komputer. Kursi yang digunakan untuk bekerja di depan komputer harus terasa nyaman dan sesuai dengan postur tubuh Anda. Ketinggian kursi harus disesuaikan agar kaki bisa bersandar dengan nyaman di lantai. Selanjutnya, posisi lengan juga perlu diatur untuk memberikan posisi mengetik yang tepat.

Istirahat di sela-sela waktu bekerja

Cara mencegah mata lelah karena bekerja di depan komputer lainnya adalah dengan beristirahat di sela-sela waktu bekerja Anda. Istirahatkan mata selama 15 menit setelah dua jam penggunaan komputer terus-menerus. Terapkan metode 20-20-20, setiap 20 menit, lihatlah sesuatu yang jaraknya 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik.

Berkedip

Banyak orang berkedip lebih sedikit dari biasanya saat kerja di depan komputer. Ini dapat menyebabkan mata kering dan meningkatkan risiko mata lelah. Padahal, berkedip menghasilkan air mata yang membasahi dan menyegarkan mata.

Populer video

Berita lainnya