Simak Tips Meredakan Mata Merah Secara Alami

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Sakit Mata Merah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mata merah bisa disebabkan akibat iritasi. Penyebabnya pun cukup beragam. Mulai dari aparan polusi udara, paparan sinar matahari berlebihan, hingga terpapar alergen. Biasanya, mata merah yang disebabkan oleh hal-hal tersebut tidaklah menyebabkan gangguan yang cukup serius.

Mata merah yang tergolong ringan bisa diatasi dengan beberapa cara sederhana di rumah. Melansir laman halodoc, berikut beberapa cara alami yang bisa digunakan untuk meredakan mata merah.

Kompres dingin

Mengompres dingin di sekitar mata yang kemerahan dapat membantu mengatasi peradangan yang terjadi. Cara ini juga membantu menyempitkan pembuluh darah mata sehingga meredakan kemerahan.

Caranya, siapkan es batu dengan kain lembut. Kemudian, masukkan es ke dalam kain lembut kemudian tempelkan pada area mata yang kemerahan.

Mentimun

Anda bisa menggunakan timun sebagai masker mata untuk mengurangi kemerahan. Caranya bisa dinginkan timun terlebih dahulu, kemudian potong-potong timun menggunakan pisau yang bersih. Mentimun dapat memberikan efek yang menenangkan bagi mata sehingga memperbaiki kemerahan yang terjadi.

Teh

Teh mengandung flavonoid dan tanin yang bisa membantu kamu untuk meredakan mata yang merah. Anda bisa menyimpan kantung teh yang akan digunakan ke dalam lemari pendingin. Setelah dingin, gunakan sebagai masker mata pada bagian mata yang kemerahan. Gunakan masker kantung teh selama 30 menit agar hasilnya maksimal.

Lidah Buaya

Lidah buaya menjadi salah satu tanaman herbal yang bisa membantu meredakan mata merah. Caranya belah lidah buaya menjadi dua bagian dan jadikan bahan ini sebagai masker mata. Untuk hasil yang optimal, Anda bisa memasukkan lidah buaya ke dalam lemari pendingin untuk efek dingin.

Hentikan penggunaan riasan mata

Mata merah juga bisa terjadi akibat penggunaan riasan mata. Untuk meredakan kondisi ini, sebaiknya hentikan dulu penggunaan riasan mata. Pastikan juga untuk membersihkan riasan secara tepat untuk menghindari iritasi pada mata.

Bersihkan area mata secara tepat

Saat membersihkan wajah, pastikan tidak melewatkan bagian mata. Jangan lupa untuk membersihkan bagian pangkal bulu mata, karena memiliki banyak kelenjar minyak yang berisiko mengalami penumpukan minyak. Saat minyak menumpuk, hal ini bisa menyebabkan banyaknya pemicu iritasi yang membuat mata menjadi merah, seperti debu hingga bakteri.

Populer video

Berita lainnya