Cara Ampuh agar Bisa Cepat Tidur, Coba Lakukan Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tips Cepat Tidur
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sulit tidur atau insomnia dapat membuat Anda kurang berenergi dan bersemangat untuk beraktivitas. Oleh karena itu, insomnia merupakan masalah kesehatan yang harus segera ditangani. Sebab, apabila tidak, waktu istirahat malam jadi tidak terpenuhi dan akhirnya berdampak pada kondisi kesehatan.

Insomnia pun punya banyak arti, bisa saja sulit untuk memulai tidur, sering bangun pada tengah malam atau terlalu pagi, dan tidak mampu kembali tidur. Melansir laman halodoc, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini agar tidur menjadi berkualitas.

Tidur dan bangun di waktu yang sama

Terapkanlah jam tidur yang disiplin. Caranya, yaitu tidur dan bangun pada waktu yang sama. Ini akan membuat tubuh akhirnya terbiasa dengan waktu tidur dan bangun yang sama.

Hindari benda elektronik sebelum tidur

Setidaknya sekitar 1,5 jam sebelum tidur, hindari berinteraksi dengan alat-alat elektronik seperti handphone. Apabila Anda terbangun di tengah malam, hindari menyalakan ponsel. Sebab, cahaya dari ponsel dapat mengakibatkan terjadinya penurunan produksi hormon melatonin yang membuat tidur jadi terganggu.

Hindari mengonsumsi makanan atau minuman tertentu

Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak yang tinggi sebelum tidur. Sebab, hal itu dapat menyebabkan tubuh bekerja lebih keras untuk menghancurkan lemak. Dampaknya tentu membuat kamu mengalami sulit tidur. Selain itu, hindari konsumsi minuman tinggi kafein seperti kopi menjelang tidur karena bisa membuat Anda terjaga semalaman.

Mandi air hangat

Mandi menggunakan air hangat sebelum tidur dipercaya membantu tubuh menjadi lebih relaks. Dengan begitu, Anda juga menjadi lebih cepat mengantuk dan tidur juga jadi lebih nyenyak.

Konsumsi makananan berkabohidrat

Mengonsumsi makanan mengandung karbohidrat dengan porsi yang tidak berlebihan turut dipercaya bisa membuat tubuh lebih mudah tidur. Ini disebabkan karena karbohidrat yang dapat membantu meningkatkan kadar hormon tryptophan yang membuat tubuh menjadi lebih mudah merasa kantuk. Namun masih diperlukan studi lanjutan untuk membuktikan hal ini.

Berlatih pernapasan

Cobalan berlatih pernapasan. Caranya, mulailah mengambil napas dari hidung selama empat hitungan. Lalu, tahan napas hingga tujuh hitungan, dan hembuskan napas secara perlahan melalui mulut selama delapan hitungan. Ulangi hingga empat kali. Jika ini dilakukan secara rutin, latihan bernapas tersebut dipercaya mampu membuat kamu lebih rileks dan lebih mudah mengantuk.

Populer video

Berita lainnya