Cara Alami Mengusir Nyamuk Tanpa Bahan Kimia

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Digigit Nyamuk
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Beragam produk bermunculan untuk membantu Anda mengusir nyamuk yang sangat mengganggu. Namun sayang, kebanyakan obat nyamuk dalam bentuk semprotan, obat bakar, atau losion mengandung zat kimia yang dapat membahayakan kesehatan.

Bahkan zat kimia yang dipakai sebagai bahan aktif pada produk antinyamuk tertelan atau terhirup dalam jumlah bayak, dapat menyebabkan sejumlah efek samping seperti sesak napas, sakit perut, batuk, muntah, penurunan kesadaran, atau kejang.

Untuk menghindari efek samping ini, Anda bisa melakukan cara-cara mengusir nyamuk tanpa bahan kimia. Melansir laman alodokter, berikut adalah beberapa cara untuk mengusir nyamuk maupun menghindari gigitan nyamuk tanpa bahan kimia.

Membersihkan lingkungan

Tidak hanya bertelur di genangan air yang kotor, nyamuk juga suka berkembang biak di dalam air yang bersih, seperti bak mandi. Oleh karena itu, bersihkanlah lingkungan rumah secara rutin untuk membasmi habitat nyamuk sekaligus mengusir nyamuk tanpa bahan kimia.

Memasang kasa antinyamuk dan kelambu

Meski sudah menutup pintu dan jendela, nyamuk bisa saja masuk melalui ventilasi rumah. Untuk menghalau nyamuk yang masuk ke dalam rumah, Anda dapat memasang kasa antinyamuk di jendela dan ventilasi rumah. Saat tidur, Anda juga dapat memasang kelambu di sekeliling tempat tidur.

Memelihara tanaman pengusir nyamuk

Untuk mengusir nyamuk tanpa bahan kimia, Anda dapat menanam tanaman seperti serai wangi, kayu putih, mint, lavender, eukaliptus, geranium, dan melati di kebun atau pekarangan Anda. Tanaman-tanaman ini memang tidak dapat membunuh nyamuk, namun aroma tanaman tersebut tidak disukai nyamuk.

Menggunakan perangkap nyamuk sinar UV

Penelitian mengungkap bahwa nyamuk tertarik pada sumber cahaya, khususnya sinar ultraviolet (UV). Menggunakan perangkap nyamuk yang bisa menghasilkan sinar UV dapat menjadi cara untuk mengusir nyamuk tanpa bahan kimia. Perangkap ini dapat memancarkan sinar UV dalam gelombang tertentu serta karbondioksida untuk menarik perhatian nyamuk dan memerangkapnya.

Memakai baju berwarna terang

Menurut penelitian, nyamuk lebih tertarik pada warna hitam dan cenderung tidak tertarik pada warna terang, seperti putih dan kuning. Untuk mencegah gigitan nyamuk tanpa bahan kimia, Anda dapat memakai baju warna terang. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan baju berlengan panjang dan celana panjang.

Menyalakan kipas angin

Angin yang dihasilkan oleh kipas angin akan membuat nyamuk sulit terbang atau bergerak di udara. Hal ini dapat mencegah nyamuk hinggap di kulit, sehingga dapat digunakan sebagai cara mengusir nyamuk tanpa bahan kimia.

Populer video

Berita lainnya