Simak Cara Ampuh Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Gusi Bengkak
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Selain bau mulut, pembengkakan pada gusi dapat menyebabkan pendarahan saat Anda menyikat gigi. Jika kerap mengalami masalah ini, mungkin saja jika Anda mengidap tahapan awal dari penyakit gusi atau gingivitis. Jika dibiarkan, tak menutup kemungkinan Anda akan mengalami periodontitis.

Seseorang yang mengalami periodontitis dapat mengalami masalah pada jaringan yang menopang gigi dan menahannya. Jika gangguan ini tidak segera tidak diobati, tulang di rahang mungkin rusak dan ruang-ruang kecil dapat terbuka di antara gusi dan gigi, sehingga ditakuti bisa sebabkan kerontokan gigi.

Maka dari itu, perlunya mengetahui cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gusi bengkak dengan cara yang alami. Melansir laman halodoc, simak penjelasan berikut ini.

Kumur dengan Air Asin

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi gusi bengkak secara alami adalah dengan kumur menggunakan air campuran garam atau air asin. Siapkan segelas air hangat dan tuangkan satu sendok garam ke dalamnya lalu aduk hingga rata. Kumur campuran tersebut di dalam mulut, lalu buang ke wastafel setelahnya. Kandungan garam mampu mencegah serta mengurangi pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan pembengkakan.

Ramuan Herbal

Beberapa herbal dan rempah-rempah yang dibuat menjadi ramuan dapat digunakan menjadi pengobatan gusi bengkak secara alami. Cara ini efektif untuk mengatasi peradangan dan nyeri pada gusi. Cara menggunakannya cukup dengan mencampurkan bubuk ramuan pilihan dengan sedikit air hangat hingga tercampur rata. Oleskan hasil campuran langsung ke gusi hingga sakit mereda, lalu bilas dengan air. Ulangi hingga merasa lebih baik.

Teh Celup

Siapkan sekantong teh segar dan rendam dalam air mendidih hingga 5 menit, seperti saat kamu membuat teh. Saat kantong teh tersebut cukup dingin untuk disentuh, oleskan langsung ke gusi yang bengkak kurang lebih selama 5 menit. Cobalah pilih teh dengan kandungan zat tanin yang tinggi, seperti teh hitam dan teh hijau.

Berkumur dengan Air Lemon

Lemon mengandung asam yang berguna sebagai alkali alami untuk menyeimbangkan kadar pH di dalam mulut. Caranya mudah, Anda cukup memeras satu buah lemon dan campurkan dengan segelas air hangat. Kemudian, kamu bisa menggunakan air lemon sebagai obat kumur. Gunakanlah sebanyak 3 kali sehari.

Selain itu, Anda juga perlu tahu beberapa cara yang perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya pembengkakan pada gusi untuk kambuh, seperti:

  • Pastikan untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dan gunakan benang gigi secara teratur. Umumnya, gusi yang bengkak disebabkan oleh peradangan, sehingga kebersihan mulut yang baik adalah cara paling baik untuk mencegahnya.
  • Gunakan pasta gigi serta obat kumur yang tidak menyebabkan iritasi pada gusi. Jika kamu berpikir bahwa produk kesehatan mulut yang kini digunakan mengganggu gusi, cobalah untuk beralihlah ke merek lain.
  • Hindari untuk menggunakan produk tembakau dan minuman beralkohol karena dapat menyebabkan iritasi pada gusi.
  • Lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran setiap setelah makan untuk memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang seimbang.

Populer video

Berita lainnya