Mengenal Istilah Mental Breakdown dan Cara Mengatasinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mental Breakdown
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mental breakdown adalah kondisi yang menggambarkan tekanan mental yang sangat serius. Orang yang mengalami biasanya akan sulit menjalani aktivitas sehari-hari. Istilah mental breakdown digunakan untuk menggambarkan beberapa kondisi seperti depresi, kecemasan, dan gangguan stres akut.

Ciri-ciri mental breakdown pada setiap orang pun bisa berbeda-beda. Gejala yang dirasakan dapat berupa gejala fisik, psikologis, dan perilaku. Beberapa penyebab mental breakdown seperti konflik di tempat kerja, kehilangan tempat tinggal, pekerjaan, atau orang yang dicintai, mengalami peristiwa traumatis, hingga stres terus-menerus. Melansir laman klikdokter, berikut ini beberapa cara mengatasi mental breakdown yang umumnya dilakukan yaitu.

Terapi Perilaku Kognitif

Terapi ini dapat mengatasi kecemasan, depresi, dan kondisi kesehatan mental lainnya. Terapi perilaku kognitif melibatkan identifikasi pola pikir yang bermasalah, dan mempelajari keterampilan mengatasi untuk mencegahnya datang kembali.

Obat Medis

Selain CBT, psikiater juga mungkin akan merekomendasikan beberapa jenis obat untuk mengatasi mental breakdown. Beberapa obat medis yang umumnya digunakan seperti antidepresan.

Mengubah Gaya Hidup

Perubahan gaya hidup lebih sehat yang dimaksud antara lain:

  • Mengurangi konsumsi alkohol dan kafein
  • Berolahraga teratur
  • Makan makanan sehat
  • Istirahat cukup
  • Berlatih teknik mengurangi stres dengan yoga atau latihan pernapasan

Populer video

Berita lainnya