Kenali Kepribadian Koleris, Apakah Anda Termasuk Salah Satunya?

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kepribadian Koleris
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kepribadian dibagi menjadi empat tipe, yakni sanguine, phlegmatic, melancholic, dan choleric. Orang-orang dengan kepribadian koleris ini sering dianggap alfa dalam suatu tim. Umumnya, mereka selalu menjadi pemimpin dalam kelompok atau selalu membuat aturan untuk dapat diikuti anggota kelompoknya.

Jiwa kepemimpinan orang dengan kepribadian koleris sangatlah kuat. Bahkan, ketika tidak menjadi pemimpin atau ketua, ia cenderung akan selalu ingin menonjol dalam kelompok. Adapun ciri-ciri umum kepribadian koleris seperti; suka dan pandai memimpin, menonjol dalam kelompok, cenderung anti-kritik, ambisius, tidak mudah merasa takut, pekerja keras, serta mudah beradaptasi di lingkungan baru.

Nah, melansir laman klikdokter, berikut beeberapa keunggulan orang dengan kepribadian koleris dalam kehidupan sehari-hari.

Fokus Mencapai Tujuan

Selalu memikirkan dan menginginkan hasil akhir yang terbaik, merupakan salah satu tanda memiliki kepribadian koleris. Orang koleris biasanya selalu mengusahakan apa pun yang ia lakukan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Ia juga selalu ingin dapat membuktikan kepada orang lain bahwa dirinya dapat menyelesaikan tugas dengan sempurna. Lalu, ia selalu termotivasi dan memiliki keinginan untuk menang.

Independen

Orang-orang dengan tipe kepribadian koleris dapat sangat mandiri saat mengambil keputusan. Ia memiliki kepercayaan diri untuk mencapai apa yang diinginkan dengan usaha yang dilakukan sendiri. Namun, sifat mandirinya itu mungkin yang mebuat dirinya sulit memiliki teman yang loyal.

Pembuat Keputusan

Jika Anda selalu menjadi penentu atau pembuat keputusan dalam suatu kelompok, bisa jadi Anda mengadopsi kepribadian koleris. Orang koleris umumnya suka interaksi sosial, ingin menonjol, dan bangga dengan dirinya. Karenanya, ia selalu ingin menjadi pemimpin untuk menentukan keputusan yang akan diikuti orang lain.

Berjiwa Pemimpin

Orang koleris selalu merasa dirinya dilahirkan untuk menjadi pemimpin. Ia pada dasarnya memang cocok menjadi pemimpin karena bertanggung jawab, tegas, berpikiran kuat, dan percaya diri.

Memiliki Sifat Pejuang

Orang koleris selalu memiliki tekad kuat dalam mencapai apa yang ia inginkan. Ia tidak mudah menyerah dalam hal apa pun.

Di balik keunggulan yang dipaparkan di atas, kepribadian koleris juga memiliki beberapa kekurangan, seperti:

  • Lalai

Karena lebih tertarik pada tujuan dan hasil akhir, terkadang orang koleris lalai pada proses dan hal lainnya ketika mencapai target. Kelalaian ini juga mungkin dapat berdampak pada kesehatan diri dan hubungannya dengan orang lain.

  • Anti-Kritik

Orang dengan kepribadian koleris biasanya tidak merespons kritik dengan baik. Ia cenderung mudah tersinggung dengan masukan atau kritikan. Bahkan, ia mungkin bisa tidak segan membalas kritikan dengan pendapat yang mengintimidasi atau menindas orang lain.

  • Kadang Terlalu Ambisius

Bagi pemilik kepribadian koleris, persaingan bukanlah intimidasi, melainkan bagian dari permainan. Jika ada orang yang menurutnya lebih darinya, ia akan membuktikan kepada orang lain bahwa dirinya dapat lebih baik dari orang tersebut.

Orang koleris percaya, membuktikan kalau ia benar terkadang lebih baik dibanding mencapai kebenaran. Ketika kalah, ia bisa menjadi lebih ambisius dari sebelumnya.

Populer video

Berita lainnya