Kenali Tanda-Tanda Holiday Blues setelah Libur Lebaran dan Cara Mengatasinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Lemas
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Libur lebaran telah usai. Sekarang saatnya Anda kembali melakukan rutintias sehari-hari. Bagi yang bekerja, Anda harus bangun pagi untuk berangkat ke kantor. Sementara bagi pelajar, kembali dituntut berangkat ke sekolah dan belajar.

Nyatanya, ada saja sebagian orang yang merasa cemas dan khawatir tidak bersemangat untuk kembali melakukan rutinitas sehari-hari. Bahkan, Anda merasa sedih ketika mengetahui akan kembali memulai pekerjaan dan kegiatan sehari-hari setelah libur lebaran. Fenomena ini disebut juga dengan istilah holiday blues atau post holiday syndrome yang bisa dialami oleh siapa saja setelah liburan panjang.

Beberapa tanda holiday blues sendiri seperti; mengalami rasa cemas berlebihan mengenai kegiatan yang perlu dijalankan, tidak memiliki motivasi untuk melakukan kegiatan sehari-hari, perubahan suasana hati yang menjadi lebih buruk, mengalami tanda-tanda stres yang lebih buruk, mengalami gangguan tidur seperti insomnia, hingga merasa kehilangan sesuatu.

Nah, agar holiday blues tidak semakin memburuk, sebaiknya lakukan beberapa tips sederhana agar kesehatan mental berangsur membaik. Melansir laman halodoc, berikut ini cara yang bisa Anda lakukan:

Istirahat yang cukup

Jika merasakan kelelahan akibat liburan yang panjang, tidak ada salahnya untuk kembali beristirahat di rumah dengan kondisi yang normal. Hal ini akan membuat Anda terbiasa dengan suasana rumah dan lingkungan tempat tinggal kamu sehari-hari.

Pastikan komunikasi berjalan lancar

Tidak ada salahnya untuk tetap berkomunikasi dengan keluarga melalui sosial media atau gadget. Hal ini untuk mengurangi rasa kesepian yang dialami setelah berlibur bersama keluarga.

Olahraga ringan

Olahraga ringan bisa membantu Anda mengurangi rasa sedih atau kesepian karena dapat meningkatkan hormon endorfin. Lakukan olahraga ringan, seperti berjalan santai atau bersepeda.

Konsumsi makanan sehat

Setelah libur lebaran, sebaiknya kembali untuk mengonsumsi berbagai makanan sehat. Selain dapat membantu suasana hati menjadi lebih baik, mengonsumsi makanan sehat setelah lebaran bisa menurunkan risiko penyakit, seperti kolesterol dan diabetes.

Buat jadwal kegiatan yang akan dilakukan

Tidak ada salahnya untuk membuat jadwal kegiatan atau pekerjaan yang akan dilakukan setelah libur lebaran. Hal ini membuat Anda lebih siap menghadapi pekerjaan yang akan dilakukan.

Populer video

Berita lainnya