Ini Olahraga yang Aman dan Ampuh untuk Mengecilkan Perut Buncit

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Perut Buncit
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bagi sebagian orang, memiliki perut buncit dianggap dapat menurunkan rasa percaya diri. Perut buncit adalah kondisi yang disebabkan oleh penumpukan lemak. Semakin lama masalah tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit kronis, seperti diabetes dan sakit jantung.

Perut buncit lebih rentan dialami oleh pria berusia di atas 40 tahun akibat penurunan kadar hormon testosteron. Kondisi tersebut membuat lemak lebih mudah tersimpan dan menumpuk di area perut.

Nah, ada beberapa gerakan olahraga untuk mengecilkan perut buncit. Melansir laman Halodoc, gerakan yang dapat dilakukan untuk menghilangkan lemak penyebab perut buncit meliputi:

Burpees

Burpees adalah gerakan untuk melatih otot dada, bahu, trisep, dan paha depan. Aktivitas ini melihatkan gerakan pliometrik yang membuat jantung bekerja lebih aktif dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Sebagai bagian dari olahraga intermiten intensitas tinggi, burpees dapat mengecilkan perut.

Sebuah jurnal ilmiah berjudul High-Intensity Intermittent Exercise and Fat Loss yang dipublikasikan oleh International Journal of Obesity menyebutkan, olahraga intermiten intensitas tinggi bermanfaat untuk membakar lemak perut.

Secara masif, aktivitas ini juga dapat menurunkan resistensi insulin dan menghasilkan sejumlah adaptasi otot rangka yang menghasilkan peningkatan oksidasi lemak otot rangka dan peningkatan toleransi glukosa.

Untuk melakukan aktivitas ini, pertama-tama berdiri dengan kaki selebar bahu. Turunkan tubuh dengan gerakan membungkuk dan pinggul ke belakang seperti menungging.

Dalam posisi hampir jongkok, kemudian lompat setinggi-tingginya. Posisikan tangan lurus ke dua sisi tubuh. Setelah melompat, tumpu berat badan dengan tumit.

Mountain climbers

Pertama-tama, posisikan tubuh seperti push up. Lalu, tekuk salah satu lutut ke bagian dada bergiliran dengan sisi lutut lainnya. Kencangkan otot perut selagi melakukan gerakan tersebut. Selain dengan olahraga, Anda juga bisa menerapkan pola diet tertentu, seperti diet intermitten fasting.

Turkish get-up

Olahraga ini membutuhkan alat bantu berupa kettlebell. Pertama-tama, posisikan tubuh berbaring miring ke kiri, dengan tangan kanan memegang alat. Kemudian, perlahan luruskan tangan kiri membentuk sudut 45 derajat. Angkat tangan kanan ke atas.

Medicine ball burpees

Ini adalah gerakan olahraga mengecilkan perut buncit yang membutuhkan bantuan alat berupa bola. Latihan ini efektif meningkatkan laju metabolisme tubuh.

Caranya, berdiri dengan jarak kaki selebar bahu dan pegang bola dengan kedua tangan di depan dada. Rentangkan bola ke atas kepala, lalu banting bola ke tanah sekuat tenaga dengan posisi membungkuk.

Side to side medicine ball slams

Seperti poin sebelumnya, gerakan ini membutuhkan bola sebagai alat bantunya. Pertama-tama, berdiri dengan jarak kaki selebar bahu dan pegang bola dengan kedua tangan di depan dada.

Kemudian, lemparkan bola dari tangan kiri ke tangan kanan dengan posisi tubuh dan kaki sedikit memutar ke kanan. Lakukan cara yang sama untuk melempar bola ke sisi tubuh yang lainnya.

Overhead medicine ball slams

Pertama-tama, berdiri tegak dengan kaki selebar pinggul. Kemudian, letakkan bola di atas kepala dengan posisi tangan lurus. Selanjutnya, banting bola ke depan dan ke bawah hingga memantul tanah.

Rentangkan tangan ke depan dan ke tanah saat membanting bola. Posisikan kaki menekuk dan sedikit jongkok seperti sedang melakukan squat.

Sit up

Sit-up merupakan latihan yang melibatkan gerakan naik-turun menggunakan otot perut. Latihan ini membantu mengencangkan otot-otot perut dan membakar lemak secara efektif.Tidak hanya mengencangkan otot perut, olahraga ini juga dapat melatih fungsi otot sebagai akibat dari penuaan.

Skipping

Lompat tali atau skipping adalah olahraga kardiovaskular yang dapat membantu membakar kalori dengan cepat. Melakukan skipping secara teratur akan membantu mengecilkan perut dan mengencangkan otot-otot perut.

Populer video

Berita lainnya