Tips Tidur Nyenyak di Malam Hari

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Sumber foto: https://unsplash.com/photos/grayscale-photo-of-sleeping-woman-lying-on-bed-5NzOfwXoH88?utm_content=creditShareLink&utm_medium=referral&utm_source=unsplash

Manusia memerlukan jumlah jam tidur yang cukup untuk memenuhi kesehatan tubuhnya. Tidur merupakan aktifitas wajib yang dilakukan manusia, selain makan untuk bertahan hidup. Bahkan kudua aktivitas ini adalah aktivitas yang dilakukan secara naluriah.

Tidur juga membantu manusia untuk beristirahat dan memulihkan kondisi tubuh dari kelelahan. Namun, kondisi susah tidur juga sering dialami oleh beberapa orang. Hal ini sering disebabkan oleh tingkat kecemasan yang tinggi sehingga menyebabkan stress.

Memoeroleh kualitas tidur yang baik adalah dambaan bagi kebanyakan orang. Inilah beberapa tips untuk dapat tidur nyenyak di malam hari.

  • Lakukan olah raga secara rutin

Olah raga adalah aktifitas yang terbukti membuat tidur Anda lebih nyenyak. Sebaiknya, Anda melakukan olah raga pada pagi hari atau sore hari. Hindari melakukan olah raga di malam hari karena akan malah membuat Anda sulit untuk tidur. Olah raga membuat peredaran darah menjadi lebih lancar dan tubuh otomatis akan merespon kondisi tersebut dengan memberikan rasa kantuk.

  • Batasi tidur siang

Bagi Anda yang memiliki waktu luang untuk istirahat dengan tidur pada siang hari, maka Anda wajib untuk mengetahui batas waktu tidur siang Anda. Sebaiknya waktu tidur siang adalah tidak lebih dari 30 menit. Hal ini dilakukan untuk menghindari Anda terjaga di malam hari karena kelebihan tidur siang.

  • Perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi

Anda pasti pernah mengalami kondisi di mana anda tidak bisa tidur karena merasa lapar pada saat tengah malam, atau malah terlalu kenyang dan menyebabkan kantuk pada waktu bukan jam tidur. Kondisi ini akan memicu gangguan pada tidur Anda. Maka dari itu, sebaiknya Anda menghindari makan berat atau dengan porsi yang besar pada saat menjelang tidur. Berilah jeda beberapa jam antara jam makan dan jam tidur Anda. Selain itu, hindari juga untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kafein, alcohol dan nikotin, karena ini juga memicu Anda terjaga lebih lama di jam tidur Anda.

Populer video

Berita lainnya