Jangan Suka Stalking Mantan, Ini Dampak Buruk yang Bisa Anda Rasakan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Stalking
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Putus cinta memang sungguh menyakitkan. Alih-alih bisa menjalani hidup seperti biasa dan normal, terkadang seseorang masih kepikiran dengan mantan kekasihnya. Ya, move on setelah putus cinta memang tak semudah mengucapkannya. Walhasil, banyak yang tergoda kepo untuk mengetahui kegiatan sang mantan.

Bagi Anda yang masih sering mencari tahu tentang mantan kekasih, sebaiknya mulai hentikan kebiasaan tersebut. Pasalnya, ada berbagai bahaya psikologis yang mengintai akibat keseringan memata-matai mantan dari jauh. Melansir laman sehatQ, berikut ini efek buruk dari stalking mantan.

Lebih susah move on

Mungkin Anda hanya ingin melihat akun mantan. Namun kebiasaan ini sungguh sangat tidak sehat. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Cyberpsychology and Behavior, sering stalking mantan justru buat perasaan Anda berantakan. Anda yang terus memantau foto atau status terbarunya justru akan susah move on dari mantan pacar.

Menghancurkan kebahagiaan diri sendiri

Efek buruk lain yang bisa Anda rasakan adalah kebahagiaan yang hancur. Anda iseng stalking mantan melalui media sosialnya selama 15-30 menit. Nah, dalam waktu tersebut, seluruh emosi Anda berkumpul jadi satu. Baik itu perasaan sedih, marah, kecewa, mengingat kembali memori perjalanan cinta Anda berdua dan lainnya. Tanpa disadari, jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus maka dapat menghancurkan kebahagiaan diri Anda sendiri.

Jadi membandingkan kehidupan Anda dengan mantan

Ada kemungkinan mantan kekasih Anda sudah memiliki pacar baru atau akhirnya menikah dengan orang lain. Secara tidak sadar, Anda mungkin akan membandingkan diri sendiri dengan pasangan barunya. Anda bisa jadi berlomba-lomba menginginkan pasangan atau kehidupan yang lebih baik dari mantan kekasih. Kemungkinan terburuknya, Anda hanya akan beradu pamer dengan mantan pacar.

Merasa patah hati lagi

Kebiasaan stalking mantan dapat menghambat Anda untuk move on. Hal ini menyebabkan Anda yang awalnya sudah terbiasa tanpa kehadiran mantan kekasih akhirnya merasa hancur atau patah hati lagi melihat foto atau status terbarunya yang memperlihatkan kehidupannya baik-baik saja dengan orang lain.

Anda akan malu bila ketahuan

Saat sedang asyik melihat mantan di Instagram, Facebook, atau Twitter, tak sengaja Anda menyukai unggahan yang sudah lama sekali diunggahnya. Jika sudah begini, Anda pun jadi ketahuan sering mematai-matai aktivitasnya melalui sosial media. Tentunya sangat memalukan bila berakhir demikian.

Populer video

Berita lainnya