Beberapa Cara Alami Ini Efektif Atasi Kapalan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara Alami Hilangkan Kapalan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Anda tentu sudah sangat familiar dengan istilah kapalan, yang dalam dunia medis dikenal dengan sebutan kalus. Kapalan memang tidak berbahaya karena dapat sembuh dengan sendirinya. Namun bagi sebagian orang, kehadirannya mungkin dianggap menggangu dan dapat menurunkan tingkat kepercayaand diri.

Kapalan sendiri terbagi menjadi dua jenis. Kapalan jenis pertama memiliki bentuk lebih kecil dan biasanya tumbuh di bagian atas atau samping jari tangan maupun kaki. Sementara jenis yang kedua biasanya lebih besar dan muncul di bawah telapak kaki atau tangan.

Cara Hilangkan Kapalan secara Alami

Dibandingkan bagian tubuh lain, kaki yang paling sering menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya kapalan. Dilansir dari laman klikdokter, keluhan ini bisa diatasi dengan cara-cara alami berikut ini:

  • Rendam kaki, atau bagian tubuh lain yang mengalami kapalan, dengan air hangat
  • Gosok perlahan menggunakan batu apung pada bagian yang mengalami kapalan. Pastikan bagian kapalan tidak sampai sobek atau terbuka.
  • Setelah digosok, keringkan dengan handuk bersih dengan cara ditepuk-tepuk.
  • Kemudian, oleskan losion atau krim pelembap ke daerah yang terkena kapalan setiap hari. Pastikan losion atau krim pelembap yang digunakan mengandung asam salisilat, amonium laktat, atau urea. Bahan-bahan ini akan membantu melunakkan kapalan secara bertahap.
  • Gunakan bantalan, plester atau kain pelapis untuk melindungi kapalan dari iritasi akibat gesekan secara langsung.
  • Gunakan alas kaki dengan ukuran yang sesuai. Hal ini dilakukan agar kaki anda tidak mudah bergesekan, sehingga kapalan tidak semakin parah.
  • Rutin potong kuku kaki agar tetap pendek. Kuku jari kaki yang terlalu panjang dapat mendorong sepatu ke arah atas. Hal ini meningkatkan risiko kapalan dari waktu ke waktu.

Cara-cara di atas bisa anda lakukan untuk mengatasi kapalan. Apabila kapalan yang Anda alami tak kunjung hilang atau sering terjadi berulang tanpa sebab yang jelas, sebaiknya konsultasikan hal tersebut pada dokter.

Populer video

Berita lainnya