Tips Mendapatkan Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tidur Tengkurap
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tidur merupakan kebutuhan yang penting bagi semua orang. Dengan memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas, berbagai sel tubuh, organ dan jaringan lainnya dapat bekerja secara normal dan optimal.

Namun nyatanya, tidak semua orang bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik karena satu atau lain hal. Pola tidur akan terganggu apabila memiliki tingkat kecemasan yang tinggi, terutama di masa yang tidak pasti. Tidur membantu kita mengelola waktu stres dengan lebih baik.

Sementara sebuah penelitian menunjukkan, kualitas tidur yang buruk sangat mempengaruhi kondisi fisik hingga mental. Sehingga penting bagi kita untuk mengetahui cara mendapat kualitas tidur yang lebih baik. Berikut ulasannya.

Memperhatikan pola makan

Kecemasan yang tinggi dapat memicu kelelahan, sehingga berdampak negatif pada suasana hati kita dan memicu kurang tidur. Jika kondisi itu terus berlanjut, dapat membuat seseorang kesulitan menentukan nutrisi yang tepat.

Memerhatikan pola makan dapat membantu kita mengelola tingkat stres dan mengubah cara kita dalam menanggapi stres. Beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu memilih makanan dengan gizi seimbang. Hindari makan dan ngemil setidaknya 3 jam sebelum tidur. Ini memungkinkan pencernaan yang lancar dan membantu kita menghindari mulas yang dapat membuat terjaga di malam hari.

Rutin olahraga

Olahraga memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk dalam membantu tubuh merasa rileks hingga tertidur nyenyak. Saat berolahraga, tubuh melepaskan endorfin yang secara alami membuat kita merasa lebih baik.

Bagi sebagian orang, latihan yang lebih ringan dan olahraga dengan intensitas rendah seperti yoga, pilates, atau jalan-jalan santai di taman adalah obat terbaik untuk stres.

Persiapkan diri sebelum beristirahat

Ikuti aturan detoks digital tanpa komputer atau bermain ponsel setidaknya satu jam sebelum tidur, termasuk menonton TV dan film.

Hilangkan stres dengan teknik relaksasi

Malam hari dan jam tidur juga merupakan waktu yang tepat untuk melakukan beberapa teknik relaksasi. Luangkan waktu untuk membiarkan pikiran dan tubuh merasa rileks dengan latihan pernapasan dalam, peregangan santai, dan meditasi mindfulness.

Mengatur jadwal tidur konsisten

Lakukan segala upaya untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Hal ini sangat berkaitan dengan ritme sirkardian dan beberapa fungsi tubuh yang lain.

Populer video

Berita lainnya