Simak Manfaat Mandi Malam dengan Air Hangat untuk Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Mandi Air Hangat
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Banyak orang yang takut mandi malam lantaran dianggap berbahaya. Salah satu mitos yang beredar, mandi malam dapat menyebabkan rematik, yakni penyakit autoimun yang membuat penderitanya merasa nyeri di bagian sendi.

Nyatanya, belum ada penelitian bahwa kebiasaan mandi malam bisa menyebabkan rematik. Sebaliknya, ada banyak manfaat mandi malam yang bisa dirasakan, baik itu mandi menggunakan air hangat maupun air dingin.

Melansir lama Alodokter, manfaat mandi malam bergantung pada suhu air yang digunakan. Berikut manfaat mandi malam denggan menggunakan air hangat.

Membuat tidur lebih nyenyak

Mandi air hangat dengan suhu 40–420 C selama 10 menit pada 1–2 jam sebelum tidur dapat membuat tidur lebih nyenyak, bahkan saat cuaca panas. Manfaat ini diperoleh karena air hangat dapat membuat otot-otot menjadi lebih rileks sehingga Anda lebih mudah untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Membuat tidur menjadi lebih cepat

Mandi malam dengan air hangat dapat membuat tidur lebih cepat. Sebuah penelitian pada lansia menunjukkan, bahwa mereka yang mandi air hangat sebelum tidur cenderung lebih mudah terlelap dibanding mereka yang tidak mandi menggunakan air hangat sebelum tidur.

Memelihara kebersihan dan kesehatan kulit

Mandi menggunakan air hangat di malam hari dapat membuka pori-pori sehingga bisa membersihkan kotoran dan minyak yang terperangkap di kulit secara maksimal. Dengan membiasakan mandi malam sebelum tidur, kebersihan dan kesehatan kulit menjadi terjaga.

Meredakan gejala pilek dan batuk

Bagi yang sedang menderita pilek dan batuk, Anda dianjurkan mandi malam menggunakan air hangat daripada air dingin. Alasannya karena panas dan uap yang keluar dari air hangat bisa membuat saluran napas menjadi terbuka.

Selain itu, mandi dengan air hangat juga membantu membersihkan saluran hidung dan mengencerkan dahak sehingga gejala pilek dan batuk pun mereda.

Menurunkan tekanan darah

Sebuah studi menunjukkan bahwa berendam air hangat selama 11–15 menit sebelum tidur efektif dalam menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang turun setelah mandi malam menggunakan air hangat dapat mencapai 16 mmHG.

Populer video

Berita lainnya