Semangat! Begini Cara Bangkit dari Keterpurukan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tidak mudah bangkit dari keterpurukan. Ya, kegagalan, kesedihan, atau kehilangan dapat membuat seseorang berada di titik terendah dalam hidup. Alih-alih terus menyesali dan tenggelam dalam keterpurukan, sebaiknya lakukan cara untuk memulai langkah baru agar bisa menjalani hidup yang lebih baik dan berkualitas. Melansir laman sehatQ, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi dan bangkit dari keterpurukan.

Kenali dan akui emosi yang Anda rasakan

Perasaan cemas, marah, malu, sedih atau terpukul biasanya menyelimuti orang yang sedang mengalami keterpurukan. Nah, mengenali dan mengakui emosi negatif yang Anda rasakan namun tidak berlarut-larut dapat sangat membantu untuk memotivasi dan mendorong Anda berusaha menemukan solusi yang lebih baik di masa depan. Kenali dan akui perasaan Anda, biarkan diri mengalami ketidaknyamanan tersebut di awal.

Berdialog dengan diri sendiri dan bantahlah pikiran negatif Anda

Setelah berhasil mengidentifikasi emosi negatif yang dirasakan saat terpuruk, saatnya mulai berbicara pada diri sendiri untuk mencari solusi agar keluar dari emosi tersebut.Berikan motivasi positif pada diri sendiri bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya dan masih ada waktu untuk memperbaiki diri.

Lakukan cara yang sehat untuk menenangkan pikiran

Untuk bisa bangkit dari keterpurukan, ada beberapa cara sehat yang bisa Anda lakukan untuk menenangkan pikiran, antara lain:

  • Menelepon teman untuk mencurahkan perasaan.
  • Melakukan meditasi atau berlatih pernapasan dalam.
  • Melakukan relaksasi seperti pergi ke spa, berendam, atau latihan yoga.
  • Berjalan-jalan untuk meringankan pikiran dan berganti suasana.
  • Bermain dengan hewan peliharaan atau menjalani hobi.

Jangan membandingkan diri sendiri dengan pencapaian orang lain

Kerap membandingkan diri dengan orang lain bisa menurunkan kepercayaan diri dan meningkatkan perasaan negatif terhadap diri sendiri. Maka dari itu, salah satu cara bangkit dari keterpurukan yang paling penting dijalani adalah dengan berhenti mengadu nasib dengan orang lain.

Mengasihi diri sendiri

Seringkali hukuman dan penghakiman terberat atas kegagalan yang dialami justru datang dari diri sendiri. Anda mungkin mencela diri sendiri habis-habisan atas kesalahan yang sebetulnya menurut orang lain tidak terlalu berat. Hal ini dapat membuat Anda lebih mudah kalah oleh tantangan, karena merasa kegagalan merupakan bukti dari keyakinan diri bahwa Anda tidak cukup baik untuk berhasil.

Ambil hikmah dan pelajaran dari pengalaman

Kegagalan bukanlah hal yang sia-sia. Alih-alih menganggap kegagalan sebagai beban, lihatlah kegagalan sebagai batu loncatan menuju tujuan Anda. Pengalaman ini bisa menjadi guru yang hebat di masa depan. Anda jadi lebih bisa berhati-hati agar tidak mengulangi kesalahan atau jadi bisa mengetahui solusi lain yang kemungkinan berhasilnya lebih tinggi.

Membuat rencana untuk maju

Jangan lagi fokus pada masalah yang telah berlalu, tapi fokuslah untuk bangkit lagi. Susunlah rencana yang lebih baik dengan mentalitas, pembelajaran dan strategi yang baru. Buat rencana yang matang dengan menerapkan hal-hal yang telah Anda pelajari dari pengalaman sebelumnya.

Populer video

Berita lainnya