Selain Mengasyikan, Ini Manfaat Menari untuk Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Menari
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Menari sangat melekat dalam masyarakat Indonesia. Hal itu terlihat dalam berbagai perayaan dan momen penting lainnya, yang memasukkan unsur menari di dalamnya.

Tak hanya dilakukan sebagai sarana rekreasi atau ekspresi diri, menari juga bisa sebagai bagian dari olahraga yang punya sederet manfaat bagi kesehatan. Melansir laman Alodokter, berikut manfaat menari yang bisa Anda rasakan.

Menjaga kesehatan jantung

Seperi halnya olahraga kardio, saat menari, denyut jantung akan meningkat karena tubuh harus melakukan gerakan dan koreografi tertentu. Hal ini akan membantu memperlancar sirkulasi darah dan oksigen ke seluruh tubuh.

Sebuah penelitian menyebutkan, penderita gagal jantung yang secara rutin melakukan tarian Waltz mengalami peningkatan kualitas hidup jika dibandingkan dengan penderita gagal jantung yang tidak melakukan olahraga sama sekali.

Meningkatkan keseimbangan dan kekuatan tubuh

Ketika menari, tubuh dituntut untuk melakukan gerakan-gerakan tertentu yang membuat tubuh beradaptasi untuk menjaga keseimbangan dan postur tubuh yang baik. Ditambah lagi, menari secara rutin juga bisa melatih otot dan kekuatan tubuh.

Menurunkan berat badan

selain mengasyikkan, menari secara rutin juga bisa membantumu menurunkan berat badan. Namun, perlu diingat, Anda juga harus mejaga pola makan agar hasilnya maksimal.

Meningkatkan energi

Menari dapat meningkatkan kinerja jantung, memperlancar aliran darah dan juga oksigen. Dengan begitu, proses pembentukan energi juga akan meningkat, sehingga Anda tidak akan mudah lelah saat beraktivitas.

Menjaga fungsi kognitif

Seiring bertambahnya usia, volume otak dan kemampuan kognitif kita juga akan menurun. Menurut salah satu penelitian, menari dapat membantu menjaga fungsi kognitif dengan cara menjaga dan meningkatkan volume hippocampus, bagian otak yang menyimpan memori.

Mengatasi stres

Sebuah penelitian menyebutkan, gerakan yang dilakukan saat menari bisa membantu melepaskan beban pikiran yang mengganggu. Seperti melakukan olahraga lain, saat menari, akan terjadi pelepasan zat kimia di dalam otak yang membantumu meredakan gejala kecemasan dan depresi.

Populer video

Berita lainnya