Cara Jitu Hilangkan Bentol Bekas Gigitan Nyamuk

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Digigit Nyamuk
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sebagian orang mungkin tidak sadar ketika digigit nyamuk dan tiba-tiba melihat ada bentol pada kulitnya. Ketika nyamuk menusukkan ujung moncongnya ke kulit untuk mengisap darah, ia akan mengeluarkan air liur untuk menjaga darah agar tidak cepat menggumpal dan lebih mudah diisap. Air liur nyamuk ini mengandung enzim dan protein asing sehingga dianggap membahayakan tubuh. Hal ini pada akhirnya memicu sistem imun memproduksi lebih banyak histamin.

Kadar histamin yang berlebihan dalam tubuh akan meningkatkan aliran darah dan jumlah sel darah putih pada bagian sekitar area gigitan nyamuk. Hal tersebut menyebabkan peradangan dan pembengkakan kulit khas bentol gigitan nyamuk. Peningkatan histamin ini juga serupa dengan reaksi alergi pada tubuh.

Gatal karena digigit nyamuk rasanya menyebalkan. Ditambah lagi, penampakan bentolnya yang bisa mengganggu penampilan. Jika merasa terganggu, melansir laman hellosehat, ikuti cara-cara ini untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan cepat.

Kompres dingin

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengompres bagian kulit yang baru digigit. Anda bisa memakai kompres dingin dengan memasukkan buah es batu ke dalam plastik dan balut dengan handuk tipis. Langkah ini bertujuan untuk meredakan reaksi peradangan pada kulit, serta mengurangi rasa gatal di kulit akibat gigitan nyamuk. Tempelkan kompres dingin tersebut ke kulit untuk membantu menghilangkan rasa gatalnya.

Hindari menggaruk

Rasa gatal akibat gigitan nyamuk kadang bisa sangat mengganggu, yang akhirnya tanpa sadar membuat Anda terus-menerus menggaruknya. Padahal, menggaruk kulit yang kena gigitan nyamuk justru bisa semakin membuatnya gatal. Hal ini bahkan bisa menyebabkan luka yang susah hilang bila Anda punya kulit sensitif. Oleh karena itu, pastikan Anda sebisa mungkin hindari menggaruk bentol yang terasa gatal.

Gunakan obat-obatan

Anda juga dapat menggunakan krim antigatal, obat antihistamin, atau obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas di apotek untuk meredakan gatal akibat gigitan nyamuk. Oleskan losion calamine atau krim hidrokortison untuk meredakan gatal. Untuk reaksi yang lebih kuat, obat antihistamin oral juga bisa Anda gunakan.

Mandi dengan air dingin

Mandi air dingin serupa dengan memberikan kompres air dingin pada kulit yang bertujuan agar rasa gatal berkurang secepatnya.

Populer video

Berita lainnya