Simak Manfaat Kulit Udang buat Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Udang
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin banyak dari kalian ketika makan atau mengolah udang, memilih untuk membuang kulitnya. Padahal, kulit udang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa penelitian menemukan adanya kandungan nutrisi dan potensi manfaat kulit udang untuk kesehatan. Melansir laman sehatQ, berikut manfaat kulit udang untuk kesehatan.

Mencegah obesitas

Mungkin Anda menganggap udang sebagai makanan laut yang perlu dihindari saat diet rendah kalori. Siapa sangka, kulit udang justru memiliki efek anti-obesitas yang justru baik untuk pengendalian berat badan.

Sebuah penelitian dalam jurnal Plos One menyatakan bahwa kitosan dalam kulit udang memiliki efek anti-obesitas yang kuat sehingga mampu mengendalikan kenaikan berat badan. Namun, perlu ada penelitian lebih lanjut dan lebih luas pada manusia.

Menurunkan kolesterol

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Blackwell Publishing menyatakan bahwa kandungan kitosan dalam kulit udang ternyata mampu membantu menurunkan kadar kolesterol. Kadar kolesterol yang lebih rendah diketahui baik untuk kesehatan pembuluh darah dan jantung.

Dalam penelitian tersebut, ekstrak kitosan dalam kulit udang yang diberikan dalam bentuk suplemen tambahan makanan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan koelsterol baik pada hewan penelitian. Potensi manfaat ini tentu menjanjikan untuk mencegah berbagai penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, hipertensi, dan stroke.

Menjaga kesehatan otak

Kulit udang memiliki kandungan astaxanthin, yakni antioksidan yang mampu mengurangi stres oksidatif dalam tubuh. Dalam jurnal Marine Drugs diketahui bahwa kandungan astaxanthin dalam ekstrak kulit udang mampu menurunkan stres oksidatif pada dosis yang sama dengan vitamin E. Berkat kandungan inilah, ekstrak kulit udang disebut mampu memperbaiki fungsi kognitif, memori dan meminimalisir kemunduran fungsi otak.

Mencegah infeksi kulit

Penelitian dalam The International Journal of Nano and Biomaterials mengungkapkan beragam potensi manfaat kulit udang untuk kesehatan kulit. Manfaat ini datang dari komponen utama kulit udang, yaitu kitosan.

Kitosan yang telah diproses menjadi nanopartikel ternyata memiliki sifat antimikroba yang efektif melawan bakteri, seperti Staphylococcus sp. dan Escherichia coli. Dengan sifat inilah, kitosan dalam kulit udang berpotensi mencegah infeksi pada luka di kulit. Potensi ini juga dimanfaatkan sebagai bahan produk kesehatan.

Merawat kesehatan kulit

Sebuah penelitian dalam jurnal yang sama juga menunjukan manfaat nanopartikel kitosan dalam kulit udang berpotensi menjadi bahan untuk produk skincare. Nanopartikel kitosan dalam kulit udang juga terbukti mampu membantu meregenerasi kulit dan mengurangi keriput, sehingga cocok sebagai perawatan kulit anti-penuaan.

Populer video

Berita lainnya