Rekomendasi Buah untuk Meredakan Sakit Kepala

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Buah Buahan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sakit kepala atau migrain tentu terasa tidak nyaman. Kondisi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Umumnya, kondisi ini dipicu karena melewatkan waktu makan, mengonsumsi makanan tidak sehat, kurang tidur, dehidrasi, atau stres.

Selain istirahat dan minum obat, ternyata terdapat beberapa buah untuk sakit kepala yang bisa dikonsumsi. Buah-buahan untuk obat sakit kepala mengandung sejumlah nutrisi yang dapat membantu meredakan keluhan tersebut.

Namun, pastikan Anda mengonsumsi secukupnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Melansir laman sehatQ, berikut ini beberapa rekomendasi buah untuk sakit kepala.

Pisang

Anda bisa memanfaatkan pisang sebagai buah untuk sakit kepala akibat rendahnya gula darah (hipoglikemia) atau serangan migrain. Pisang dapat membantu memulihkan energi dengan cepat, dan mengandung magnesium yang tinggi untuk meredakan nyeri tersebut.

Buah tropis ini juga mengandum kalium dan 74 persen air yang dapat membantu mengembalikan cairan tubuh dan membuat Anda tetap terhidrasi.

Semangka

Bukan hanya rasanya yang manis, semangka dapat meredakan sakit kepala sebelah atau migrain akibat dehidrasi. Semangka mengandung 92 persen air yang dapat membantu Anda tetap terhidrasi.

Selain itu, kandungan vitamin C, vitamin A, dan magnesium di dalamnya bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. Namun, pastikan Anda mengonsumsi buah semangka dalam kondisi matang sempurna dan hindari yang hampir busuk.

Buah-buahan beri

Blueberry, strawberry, dan blackberry merupakan pilihan buah untuk sakit kepala yang baik dikonsumsi. Buah-buahan ini mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu meredakan sakit kepala. Namun, sebaiknya pilihlah buah beri organik yang bebas zat kimia.

Alpukat

Buah ini mengandung magnesium tinggi yang dapat membantu meredakan sakit kepala. Kandungan kaliumnya juga bahkan lebih tinggi daripada pisang. Nutrisi tersebut dapat memulihkan energi dan mengembalikan cairan tubuh. Selain itu, di dalam alpukat juga terkandung vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B3 yang mampu melawan peradangan dalam tubuh.

Aprikot

Kandungan magnesium dalam buah ini dapat membantu mengurangi durasi dan frekuensi sakit kepala tegang. Aprikot juga kaya akan air yang membuat tubuh tetap terhidrasi. Tak hanya itu, aprikot mengandung sejumlah antioksidan, seperti beta karoten, vitamin A, C, dan E, yang dapat melindungi tubuh dari berbagai masalah kesehatan.

Ceri

Ceri mengandung quercetin, yaitu senyawa flavonoid yang memiliki sifat antialergi dan dapat menghilangkan rasa sakit secara alami. Buah ini juga mengandung senyawa yang diubah menjadi oksida nitrat dalam darah untuk membantu meredakan sakit kepala tegang dan migrain. Buah ceri memiliki rasa manis yang sayang untuk dilewatkan.

Blewah

Buah blewah menjadi salah satu pilihan buah penghilang pusing dan sakit kepala akibat dehidrasi. Pasalnya, buah ini mengandung 90 persen air yang membuat tubuh terhidrasi. Di dalamnya juga ada elektrolit untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh agar berfungsi dengan baik. Selain itu, senyawa fitonutrien dalam blewah memiliki sifat antiradang.

Populer video

Berita lainnya