Tips Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Bibir
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bibir pecah-pecah dapat disebabkan oleh beberapa hal. Selain faktor cuaca, kurang gizi, iritasi, hingga efek dari obat-obatan tertentu dapat menyebabkan bibir pecah-pecah. Kondisi itu bisa makin memburuk jika bibir tidak dirawat dengan baik.

Bibir pecah-pecah ditandai kulit bibir yang terasa kering, bahkan sampai mengelupas. Pada kondisi yang sudah parah, bibir bisa mengalami bengkak, luka, bahkan berdarah.

Nah, ada beberapa cara mudah dan ampuh mengatasi dan mencegah terjadinya bibir pecah-pecah. Melansir laman Alodokter, simak ulasan berikut ini.

Kurangi kebiasaan menjilat bibir

Banyak orang menjilat bibir dengan tujuan membasahi bibir kering. Padahal, menjilat bibir dapat memperburuk kondisi bibir pecah-pecah. Pasalnya, air liur lebih cepat menguap sehingga bisa menyebabkan bibir lebih kering dibandingkan sebelum dibasahi dengan air liur.

Oleh karena itu, disarankan menghindari menjilat bibir. Dengan begitu, kondisi bibir pecah-pecah pun tidak makin parah.

Pakai pelembap bibir

Memakai pelembap bibir atau lip bam dapat mencegah dan mengatasi bibir pecah-pecah, terutama saat beraktivitas di bawah sinar matahari. Agar hasilnya maksimal, hindarilah produk pelembap bibir yang mengandung perasa, parfum, mentol, atau asam salisilat, karena daoat memperparah kondisi bibir pecah-pecah.

Gunakan pelembap bibir yang mengandung petroleum jelly atau bahan-bahan alami, seperti madu, minyak kelapa, dan lidah buaya, untuk mengatasi bibir pecah-pecah.

Hindari pemicu alergi

Bibir pecah-pecah juga bisa terjadi sebagai reaksi alergi terhadap zat yang terkandung dalam produk kosmetik atau perawatan kulit yang Anda gunakan, seperti parfum dan pewarna. Maka itu, sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan bahan-bahan yang dapat memicu alergi dan mengiritasi kulit.

Penuhi asupan cairan tubuh

Kurangnya cairan dalam tubuh juga bisa menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah. Oleh karena itu, penting untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya 8 gelas setiap harinya.

Tercukupinya kebutuhan cairan juga dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi dan mengatasi bibir pecah-pecah.

Perhatikan pemakaian obat tertentu

Beberapa obat dapat menimbulkan efek samping berupa bibir pecah-pecah, seperti antibiotik dan statin. Jika mengonsumsi salah satunya, bisa jadi bibir pecah-pecah yang Anda alami merupakan efek samping dari obat-obatan tersebut.

Untuk mengatasinya, konsultasi ke dokter untuk mendapat obat pengganti, sehingga bibir pecah-pecah pun dapat berkurang.

Populer video

Berita lainnya