Begini Cara Efektif Mengatasi Jamur di Kulit Kepala

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Kulit Kepala Bau
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Jamur di kulit kepala atau tinea capitis adalah penyakit yang disebabkan infeksi candida albicans. Kondisi ini dipicu oleh pola makan tidak sehat, paparan bahan kimia, luka dan kurang menjaga kebersihan pribadi.

Sebelum makin parah, gejala-gejala yang disebutkan di atas dapat diatasi dengan menggunakan beberapa jenis bahan alami. Melansir laman halodoc, gunakan bahan alami berikut guna mengatasi jamur di kulit kepala.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel bersifat antijamur dan dapat membantu membunuh perkembangbiakan jamur yang penyebab infeksi. Caranya, siapkan 1 cangkir cuka sari apel dan 2 gelas air. Kemudian, campur bahan-bahan tersebut di dalam satu wadah.

Aplikasikan pada rambut dan diamkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas. Untuk hasil yang maksimal, gunakan 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung zat antimikroba yang memiliki kemampuan untuk menghambat dan membunuh perkembangbiakan mikroba, seperti jamur. Caranya, siapkan 1 sendok teh air perasan jeruk nipis dan 1 gelas air. Kemudian, campur bahan-bahan tersebut di dalam satu wadah.

Aplikasikan pada rambut 10 hingga 15 menit, lalu bilas. Untuk hasil yang maksimal, gunakan 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Soda Kue

Soda kue atau natrium bikarbonat bersifat antijamur. Kandungan tersebut efektif menghambat pertumbuhan jamur di kulit kepala. Caranya, siapkan 1 sendok makan soda kue dan 1 gelas air. Lalu campurkan bahan-bahan tersebut di dalam satu wadah.

Aplikasikan larutan saat keramas menggunakan sampo. Pijat kulit kepala perlahan dan diamkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas.

Minyak Mimba

Minyak nimba mengandung niminol yang bersifat antijamur. Caranya, siapkan 2 sendok teh minyak nimba dan 1 sendok makan minyak kelapa. Campurkan kedua bahan tersebut dan oleskan ke kulit kepala dan rambut secara merata. Kemudian, diamkan 30 hingga 60 menit, lalu bilas dengan sampo sampai bersih.

Minyak Jarak

Minyak jarak mengandung risinoleat yang bersifat antijamur. Caranya, siapkan 1 sendok makan minyak jarak dingin dan 1 sendok makan minyak kelapa. Campurkan kedua bahan tersebut dan aplikasikan ke seluruh permukaan kulit kepala. Lalu diamkan selama 30 hingga 60 menit dan bilas menggunakan sampo.

Minyak Esensial Pohon Teh

Minyak pohon teh bersifat antijamur dan memiliki efek mengubah membran pada jamur. Caranya, siapkan 3 hingga 4 tetes minyak pohon teh dan 1 sampai 2 sendok makan minyak almond manis. Oleskan campuran bahan-bahan tersebut ke seluruh lapisan kulit kepala. Diamkan selama 30 sampai 60 menit, lalu bilas dengan sampo.

Populer video

Berita lainnya