Simak Cara Mengatasi Badan Lemas dan Mual Setelah Bepergian

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Badan Sakit
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Perjalanan jauh seringkali membuat lelah hingga badan merasa lemas dan mual. Jika terus dipaksakan untuk beraktivitas, badan justru bisa makin drop dan berujung sakit. Oleh sebab itu, Anda harus istirahat sejenak untuk mengisi ulang energi yang sudah habis.

Salah satu penyebab tubuh lelah setelah bepergian adalah kurang tidur. Maka dari itu, usahakan tidur cukup setidaknya enam sampai delapan jam setiap malam. Hindari begadang yang justru bisa membuat tubuh lemas. Selain istirahat, berikut tips lain mengatasi badan lemas seperti dilansir dari laman halodoc.

Mandi di pagi hari

Setelah beristirahat cukup, segera mandi di pagi hari agar tubuh menjadi segar. Mandi di pagi hari bisa memperlancar sirkulasi darah sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Sebab, mandi di pagi hari akan merangsang tubuh untuk memproduksi sel darah putih lebih banyak, yang berfungsi menangkal serangan berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit.

Cukupi kebutuhan cairan

Cukupi kebutuhan cairan dengan rutin minum air putih minimal delapan gelas sehari. Air putih adalah pilihan terbaik ketimbang lainnya karena tidak ada tambahan apapun. Hindari meminum teh atau kopi yang mengandung kafein. Zat ini bisa menyebabkan gangguan tidur sehingga mengganggu waktu istirahat.

Pijat

Pjat adalah salah satu solusi terbaik untuk mengatasinya. Pijat memberikan efek relaksasi santai sekaligus menghilangkan stres. Sebab, praktek ini dapat mempengaruhi sistem saraf perifer, meningkatkan rangsangan dan konduksi impuls saraf serta mempercepat proses regenerasi (pemulihan) saraf.

Menghirup aromaterapi

Aromaterapi punya sifat relaksasi dan menenangkan. Aromanya juga ampuh untuk mengurangi rasa mual. Selain dihirup, aromaterapi juga bisa dioleskan pada atubuh sambil dipijat.

Perhatikan pola makan

Melewatkan waktu makan justru bisa memicu asam lambung sehingga memperparah mual. Pastikan makanan yang dikonsumsi sehat dan bergizi seimbang. Pastikan juga diimbangi dengan buah dan sayur.

Populer video

Berita lainnya