Begini Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Pori-pori adalah lubang pada kulit yang berfungsi mengeluarkan keringat dan minyak (sebum). Namun, lubang-lubang ini bisa membesar karena berbagai hal, salah satunya penumpukan kotoran yang terperangkap di dalamnya seperti keringat, minyak, polusi, debu, atau penumpukan sel kulit mati di permukaan kulit.

Pori-pori wajah yang membesar bisa memicu berbagai masalah kulit. Mulai dari produksi minyak berlebih, munculnya jerawat, hingga komedo. Kabar baiknya ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Melansir laman halodoc, simak penjelasan berikut ini.

Rutin membersihkan wajah

Cobalah rutin membersihkannya sebanyak 2 kali sehari. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah berikut ini

  • Basahi wajah dengan air biasa (tidak dingin dan tidak panas).
  • Aplikasikan sabun cuci wajah sesuai jenis kulit dan pijat dengan gerakan melingkar. Lakukan selama 30 sampai 60 detik.
  • Bilas sampai bersih dan tepuk-tepuk sampai kering. Jangan menggosok atau mengelapnya.
  • Praktikkan cara ini dalam 2 kali sehari pada pagi dan malam hari untuk mencegah penumpukan kotoran pada pori-pori.

Gunakan pelembap untuk mengecilkan pori-pori wajah

Menggunakan pelembap secara teratur dapat membantu mengecilkan pori-pori sekaligus mengencangkan kulit. Tak hanya itu, produk ini juga membantu meningkatkan elastisitas kulit, sehingga tampak lebih awet muda.

Aplikasikan tabir surya

Pastikan untuk selalu menggunakan tabir surya. Terutama jika banyak melakukan aktivitas di luar ruangan. Sebaiknya gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 guna melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Eksfoliasi wajah

Lakukan eksfoliasi secara rutin, setidaknya 1 sampai 2 kali seminggu. Perawatan ini bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami di rumah. Misalnya, gula, garam, madu, dan soda kue.

Mengonsumsi makanan sehat

Selain perawatan dari luar, mengecilkan pori-pori wajah juga dilakukan dari dalam. Agar kulit wajah selalu sehat, pastikan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Mengevaluasi produk perawatan kulit

Pilih produk skincare yang mampu mengurangi kelebihan sebum di kulit. Produk jenis ini berpotensi mengiritasi kulit ketika dipakai dalam jangka panjang. Pastikan semua produk skincare berlabel non-comedogenic. Produk ini berbasis air dan tidak berisiko menyumbat pori-pori.

Hapus riasan pada wajah sebelum tidur

Tidur dengan riasan tak hanya berisiko merusak kulit saja, tapi juga membesarkan ukuran pori-pori. Sebab, kosmetik bisa bercampur dengan minyak dan kotoran, serta bakteri yang berpotensi menyumbat pori-pori.

Cukupi kebutuhan air

Selain menerapkan beberapa langkah di tas, air putih juga dapat membantu menjaga kesehatan pori-pori. Cara kerjanya dengan:

  • Menghidrasi kulit dari dalam.
  • Menghilangkan racun dari pori-pori.
  • Meningkatkan kesehatan kulit secara menyeluruh.
  • Jadi, pastikan untuk mencukupi kebutuhan air putih, setidaknya 2 liter setiap hari. Kamu juga bisa memenuhi asupannya lewat jus buah tanpa gula tambahan atau infuse water.

Populer video

Berita lainnya