Ketahui Makanan yang Membantu Menurunkan Gula Darah Tubuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: IST

Celebrithink.com – Gula darah yang tinggi dapat menunjukkan adanya masalah dalam pengaturan gula darah. Kondisi ini bisa menjadi masalah serius bagi kesehatan, karena dapat menyebabkan berbagai komplikasi, terutama pada individu yang menderita diabetes.

Dengan pilihan makanan yang tepat, kita dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Melansir laman halodoc, Berikut sejumlah makanan yang dapat membantu menurunkan gula darah tubuh.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan adalah salah satu makanan yang bisa menurunkan gula darah. Makanan ini kaya serat dan rendah indeks glikemik. Di samping itu, kacang-kacangan juga mengandung protein nabati tingkat tinggi, asam lemak tak jenuh, dan nutrisi lainnya.

Blueberry dan Blackberry

Buah-buahan beri ini kaya serat dan memiliki konsentrasi antosianin tertinggi. Antosianin dikenal mampu memperlancar pencernaan. Selain itu, antosianin juga dapat mencegah lonjakan gula darah setelah mengonsumsi makanan yang kaya pati.

Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu makanan yang terkenal efektif dalam menurunkan gula darah. Pasalnya, oatmeal mengandung serat larut yang tinggi, terutama serat beta-glukan. Serat ini membantu mengurangi penyerapan glukosa ke dalam darah, sehingga mencegah peningkatan gula darah yang drastis setelah makan.

Ikan Tuna

Tuna mengandung omega 3 memiliki sifat anti-inflamasi yang mengurangi peradangan total tubuh. Nah, penyakit gula adalah penyakit radang, jadi dengan memilih makanan dengan sifat anti-inflamasi, pengidapnya dapat mengontrol diabetes dengan lebih baik.

Kakao

Biji kakao kaya akan antioksidan dan mengandung senyawa flavanol yang disebut epikatekin, yang berperan dalam mengatur produksi glukosa. Dalam kondisi ini, biji kakao dapat membantu menjaga stabilitas gula darah, bahkan bagi pengidap diabetes.

Populer video

Berita lainnya