Tips Mengatasi Rambut dan Kulit Kepala Berminyak

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara Menyisir Rambut
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kulit kepala mengandung minyak alami atau sebum, yang membantu menjaga kulit tetap lembap. Namun di kondisi tertentu, kelenjar minyak di kulit kepala bekerja terlalu aktif sehingga menghasilkan minyak yang berlebih. Akibatnya, kulit kepala menjadi berminyak dan rambut terlihat lepek dan sulit diatur.

Ada banyak faktor yang menyebabkan rambut dan kulit kepala berminyak. Mulai dari faktor genetik, hormon, hingga kelembapan cuaca. Lantas bagaimana cara mengatasi rambut dan kulit kepala berminyak? Melansir laman Alodokter, simak penjelasan berikut ini.

Keramas tiap hari

Keramas terlalu sering atau terlalu jarang bisa menyebabkan rambut berminyak. Jika memiliki rambut berminyak, Anda disarankan untuk keramas sehari sekali. Keramas lebih dari sehari sekali bisa menyebabkan kelenjar minyak bereaksi berlebihan dan justru menghasilkan lebih banyak minyak.

Keramas dengan cara yang tepat

Cara berkeramas juga perlu diperhatikan jika ingin mengatasi rambut berminyak. Taruhlah sampo secukupnya ke akar rambut dan kulit kepala, kemudian pijat kepala dengan lembut.

Hindari menggosok-gosok kulit kepala karena dapat membuat teriritasi dan menyebabkan produksi minyak berlebih. Anda hanya perlu fokus ke kulit kepala dan biarkan sampo mengalir ke ujung rambut saat membilasnya.

Gunakan sampo khusus rambut berminyak

Pilihlah produk sampo yang diformulasikan khusus untuk rambut berminyak. Produk ini akan membersihkan kulit kepala tanpa membuat rambut menjadi kering dan tidak memicu produksi minyak berlebih.

Pilih produk perawatan berbagan alami

Produk perawatan rambut yang mengandung lidah buaya dikenal efektif untuk mengurangi minyak pada rambut dan kulit kepala, menenangkan kulit kepala yang meradang, serta memperkuat rambut.

Selain lidah buaya, Anda bisa memilih tea tree oil dan teh hijau. Kedua bahan tersebut memiliki senyawa antibakteri yang dapat mengurangi gatal di kulit kepala, mengurangi produksi minyak, dan menutrisi kulit kepala.

Biasakan rawat rambut dengan tepat

Rambut berminyak maupun rambut kering perlu dirawat dengan baik agar kesehatannya tetap terjaga. Setidaknya cobalah beberapa kebiasaan yang bisa dipraktikan seperti
Jangan terlalu sering menyisir dan menyentuh rambut, hindari suhu terlalu panas dari alat pengering, serta jangan menggosok-gosok kulit kepala secara kasar dengan handuk.

Populer video

Berita lainnya